Gadget Smartphone

Duel vivo S1 vs realme 5 Pro – Punya Hal Menarik yang Berbeda

vivo S1 Vs realme 5 Pro Header

Gadgetren – Ketika sedang berencana untuk meminang smartphone baru dengan dana sekitar Rp 3 Jutaan5, sebagian dari kita kini pasti memasukkan nama vivo S1 dan realme 5 Pro sebagai bahan pertimbangan.

Tidak bisa dipungkiri, keduanya sama-sama smartphone yang cukup menarik, apalagi bagi kamu yang sedang mencari smartphone menengah yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang tidak ketinggalan zaman.

Keduanya memang sama-sama menawarkan sesuatu yang bisa dipertimbangkan. Namun supaya kamu tidak salah pilih, ada beberapa hal yang pastinya perlu dipertimbangkan sebelum mencomot salah satu di antaranya.

Di sektor layar yang memiliki bentuk yang hampir sama misalnya, vivo S1 sudah mengusung teknologi Super AMOLED pada layar 6,38 incinya sehingga sudah mengenakan sensor pemindai sidik jari yang terintegrasi di dalam layar.

Sementara realme 5 Pro yang masih menggunakan sensor pemindai sidik jari kapasitif yang disematkan di punggung smartphone serta layar  berteknologi IPS dengan ukuran 6,3 inci yang pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Di bagian depan ini juga, perangkat vivo S1 juga sudah menawarkan kamera 32 MP. Yang mana bakal cukup mengungguli kemampuan dari kamera depan realme 5 Pro secara teknis yang hanya memiliki kamera beresolusi 16 MP.

vivo S1 Vs realme 5 Pro Fingerprint

Yang cukup disayangkan, keunggulan-keunggulan vivo S1 di atas belum bisa genap karena perangkat ini belum didukung dengan hadirnya kaca pelindung layar apapun seperti Gorilla Glass atau jenis lainnya.

Sementara itu, realme 5 Pro sudah menawarkan kaca pelindung buatan Gorilla Glass 3+ yang secara otomatis bakal melengkapi keunggulan-keunggulannya di sektor lain. Ya, meski kalah di sektor layar, tidak bisa dipungkiri bahwa realme 5 Pro ini cukup unggul di beberapa sektor lain.

Sektor kamera belakang salah satunya. Di sektor ini, selain memiliki jumlah konfigurasi lensa yang lebih banyak, realme 5 Pro menawarkan dukungan lensa utama dengan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan vivo S1.

Perangkat realme 5 Pro menawarkan kamera dengan lensa utama 48 MP plus lensa ultra-wide 8 MP, lensa potret 2 MP, dan lensa makro 2 MP sedangkan vivo S1 hanya menawarkan kamera dengan lensa 16 MP yang disokong lensa ultra-wide 8 MP dan kedalaman 2 MP.

vivo S1 Vs realme 5 Pro camera

Selain itu, realme 5 Pro juga cukup unggul di sektor yang paling krusial, yakni kinerja. Berbekal SOC Qualcomm Snapdragon 712, perangkat ini bisa menembus angka 68.374 di benchmark CPU AnTuTu pada uji coba yang pernah tim Gadgetren lakukan.

Angka ini mengalahkan skor yang diperoleh vivo S1. Yang mana dalam hal ini, SoC MediaTek Helio P65 di dalamnya hanya berhasil mengumpulkan angka di kisaran 62.763 dalam pengujian CPU yang serupa.

Keunggulan kinerja realme 5 Pro ini juga dipertajam dengan konfigurasi RAM dan memori yang ditawarkan. Untuk versi yang lebih mahal, realme 5 Pro menawarkan dukungan RAM hingga 8 GB, sementara vivo S1 hanya menawarkan varian RAM 4 GB.

Untungnya, sektor kinerja vivo S1 ini tertutupi oleh dukungan baterai yang lebih besar. Secara tertulis, perangkat ini menawarkan baterai 4.500mAh, yang mana 500mAh lebih besar ketimbang baterai realme 5 Pro.

Tabel Perbandingan vivo S1 Vs realme 5 Pro

Aspek vivo S1realme 5 Pro
LayarSuper AMOLED 6,38 inci Full HD+ (2.340 x 1.080 piksel)IPS 6,3 inci Full HD+ (2.340 x 1.080 piksel), Corning Gorilla Glass 3+
ChipsetMediaTek Helio P65Qualcomm Snapdragon 712
RAM4 GB4 GB/8 GB
Memori Internal128 GB128 GB
Kamera Utama16 MP + ultra-wide 8 MP + depth 2 MP48 MP + ultra-wide 8 MP + macro 2 MP + potrait 2 MP
Kamera Selfie32 MP16 MP
FiturDual SIM, Fingerprint dalam layar, Accelerometer, Bluetooth 5, MicroUSBDual SIM, Fingerprint, Accelerometer, Gyroscope, Bluetooth 5, USB Type-C
OSFuntouch OS 9 (Android Pie)ColorOS 6 (Android Pie)
Baterai4.500 mAh, Dual-Engine Fast Charging4.000 mAh, VOOC Fast Charging
HargaRp 2.999.000Rp 2.999.000 (RAM 4 GB)
Rp 3.699.000 (RAM 8 GB)

Tinggalkan Komentar