Tips dan Trik

Cara Mengaktifkan Mode Gelap Berbagai Macam Aplikasi di Perangkat realme

cara mode gelap di realme header

Gadgetren – Semakin ke sini, semakin banyak aplikasi yang mendukung fitur mode gelap. Sayangnya, untuk mengaktifkannya di beberapa aplikasi, pengguna harus menghidupkan fitur ini di level sistem.

Kabar buruknya, tidak semua ponsel pintar yang sekarang sudah beredar dapat mendukung kebutuhan ini. Adapun beberapa di antaranya termasuk perangkat-perangkat buatan realme, yang semakin populer saat ini.

Fitur mode gelap sebenarnya adalah fitur dasar yang dibawa oleh Android 9 Pie. Sayangnya, meskipun ColorOS 6 – antarmuka Android yang dipakai realme – sudah menggunakan versi Android tersebut, tetapi belum ada opsi untuk mengaktifkan fitur mode gelap yang kekinian.

Kabar baiknya, kita masih bisa memaksa sistem untuk mengaktifkan fitur mode gelap di perangkat realme meskipun pengaturannya tidak ada. Nah bagi kamu yang belum tahu, pada artikel kali ini saya akan mencoba mengulasnya.

Agar bisa mengaktifkan fitur mode gelap di perangkat realme (khususnya untuk perangkat dengan ColorOS terbaru), kamu perlu mengunduh aplikasi Dark Mode dari halaman Google Play Store berikut ini.

Setelah terpasang, kamu bisa membuka aplikasi tersebut, lalu memilih opsi Night Mode yang ditampilkan di halaman utama, untuk memaksa sistem mengaktifkan fitur dengan nuansa gelap tersebut.

Meskipun mode yang dihasilkan tidak bisa menembus semua aplikasi, karena memang banyak aplikasi dan sistem ColorOS dari realme sendiri belum mendukung fitur tersebut, tetapi aplikasi ini sudah bisa mengaktifkan mode gelap di banyak aplikasi.

Beberapa di antaranya, aplikasi Dark Mode tersebut bisa digunakan untuk mematik mode gelap pada aplikasi-aplikasi buatan Google (yang sudah mendukung mode tersebut) serta beberapa aplikasi pihak ketiga seperti Instagram.

Yang cukup disayangkan, aplikasi ini tidak bisa bekerja di semua perangkat buatan realme. Secara khusus, aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk perangkat dengan ColorOS 6 berbasis Android 9 Pie seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Bahkan kabar buruknya, beberapa perangkat yang sudah mengusung Android 9 Pie saja ada yang tidak didukung oleh aplikasi ini, sehingga pengguna tidak bisa mencoba mencicipi fitur mode gelap di perangkat tersebut.

Untuk kasus ini, saya hanya bisa mengajak untuk sabar menunggu pembaruan dari realme. Saya yakin fitur ini pun akan hadir tidak lama lagi, mengingat semuanya sudah bergerak ke arah inovasi baru ini.

Tinggalkan Komentar