ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Instagram

Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Instagram Header

Gadgetren – Berada di bawah payung Facebook, popularitas Instagram semakin meningkat dengan pengguna lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia.

Apalagi fitur-fitur yang dihadirkan pada Instagram pun semakin menarik. Pada tahun 2019 silam, Instagram secara resmi telah menggulirkan fitur Mode Gelap atau Dark Mode untuk aplikasi di smartphone berbasis Android dan perangkat iOS.

Hadirnya Mode Gelap ini memungkinkan pengguna dapat menjadi lebih nyaman ketika sedang melihat foto-foto di timeline Instagram. Bagi smartphone dengan teknologi OLED dan AMOLED, kehadiran fitur ini bahkan dapat menghemat daya baterai karena tampilannya didominasi warna hitam yang pekat.

Bagi kamu yang penasaran mengenai cara mengaktifkan Mode Gelap di Instagram, maka kamu dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Mode Gelap Instagram di iOS

  1. Masuk ke menu atau aplikasi Settings
  2. Pada halaman Settings, buka menu Display & Brightness
  3. Selanjutnya, kamu dapat mengaktifkan menu Dark pada halaman Display & Brightness untuk mengaktifkan Mode Gelap
  4. Apabila Mode Gelap telah aktif, maka tampilan latar halaman Settings akan berubah menjadi hitam alias gelap
  5. Bersamaan dengan itu, latar halaman dari aplikasi Instagram pun akan ikut menjadi hitam yang menandakan

Untuk bisa mengaktifkan fitur ini, kamu harus memastikan bahwa iOS 13 sudah hadir pada iPhone milikmu karena sistem operasi ini sudah mendukung fitur Dark Mode System Wide yang bisa diimplementasikan kepada berbagai aplikasi bawaan iOS maupun pihak ketiga.

Sebagai catatan, pastikan bahwa Instagram yang dimiliki kamu juga sudah versi terbaru. Apabila terdapat tulisan Update di Apple App Store, maka aplikasi Instagram kamu perlu diperbarui terlebih dahulu. Namun jika tulisannya Open, maka kamu sudah menggunakan aplikasi terbaru.

Kamu juga dapat kembali ke menu Display & Brightness pada aplikasi Settings untuk mematikan Mode Gelap apabila tampilannya dirasa kurang menyenangkan,

Mode Gelap Instagram di Android

  1. Akses menu atau aplikasi Settings pada smartphone milikmu
  2. Gulir ke bawah hinga menemukan menu Display & Brightness atau Display (tergantung dari merek dan seri smartphone yang digunakan)
  3. Aktifkan ffitur Dark ModeInstagram Dark Mode 1
  4. Apabila Dark Mode telah aktif, maka tampilan halaman Settings akan berubah menjadi hitam
  5. Dengan begitu aplikasi Instagram pun akan mempunyai latar belakang berwarna hitamInstagram Dark Mode

Hampir mirip dengan iOS, kamu juga harus memperbarui sistem operasi pada smartphone milikmu hingga Android 10. Pada Android versi ini, terdapat fitur Mode Gelap yang dapat mengubah tampilan sistem, aplikasi bawaan, maupun beberapa aplikasi pihak ketiga menjadi berlatar belakang hitam.

Sebagai tambahan, pastikan juga Instagram yang terinstal pada smartphone Android milikmu sudah merupakan versi terbaru. Selain itu, kamu juga dapat mematikan menu Dark Mode dengan langkah yang hampir sama dengan tutorial di atas.

Bisa dibilang cara yang digunakan untuk menghadirkan Mode Gelap di Instagram ini sangat mudah. Namun syaratnya, smartphone yang kamu miliki sudah harus menggunakan sistem operasi Android 10 atau iOS 13. Selain itu, Instagram yang terinstal di perangkat sudah harus versi terbaru.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar