Bengkel

Bagaimana Cara Menghilangkan Saran Kata yang Muncul Pada Papan Ketik (Keyboard) Infinix?

Cara Menghilangkan Saran Kata Pada Papan Ketik Infinix Header

Gadgetren – Papan ketik atau keyboard merupakan fitur penting yang harus dimiliki oleh semua ponsel pintar. Karena pada dasarnya, ponsel pintar adalah alat komunikasi dengan media tulisan, suara, maupun video.

Untungnya, selama beberapa tahun terakhir ini, papan ketik mengalami perkembangan yang cukup baik. Tidak sedikit pengembang menyertakan aplikasi papan ketik yang lebih canggih ke dalam ponsel-ponsel buatannya.

Apalagi kalau tidak sesuai dengan kehendak atau preferensi, banyak aplikasi pihak ketiga yang tak kalah canggih atau bahkan bisa lebih canggih dalam memberikan solusi di luar aplikasi papan ketik bawaan dari ponsel itu sendiri.

Membahas kecanggihan aplikasi papan ketik yang sangat berkembang hingga saat ini, ada seorang pengguna perangkat Infinix bertanya ke tim Gadgetren, karena bingung saat menggunakannya.

Pertanyaan:

Min, bagaimana cara menghilangkan saran kata pada papan ketik Infinix?

Jawaban:

Sebelum masuk ke bagaimana cara melakukannya, saya akan sedikit membahas tentang aplikasi papan ketik yang digunakan oleh Infinix dalam setiap perangkatnya, karena hal ini akan berkaitan dengan cara melakukannya.

Sepanjang yang saya tahu, Infinix memang memiliki sistem kustom Android dengan antarmukanya sendiri, yakni XOS. Akan tetapi, mereka memakai beberapa jenis aplikasi papan ketik dari pihak ketiga, seperti Gboard atau Kika Keyboard.

Sehingga untuk menghilangkan atau menghapus saran kata pada papan ketik pada perangkat Infinix, metode yang bisa digunakan cukup beragam tergantung dengan aplikasi papan ketik yang digunakan di dalamnya.

Untuk ponsel Infinix dengan papan ketik Gboard misalnya, pengguna bisa mengaturnya melalui pengaturan papan ketik itu sendiri. Pertanyaannya, bagaimana cara membuka pengaturan papan ketiknya?

Bagi yang belum tahu, pengaturan Gboard bisa diakses secara langsung dari papan ketik yang muncul saat kita akan menulis sesuatu di peramban, media sosial, pengedit teks, aplikasi chat, dan lain sebagainya.

Saat papan ketik muncul, kamu bisa mengetuk ikon Settings (ikon gerigi) di bagian atas. Jika tidak muncul, kamu bisa menekan tombol koma (,) beberapa saat hingga muncul ikon SettingĀ untuk dipilih.

Setelah pengaturan papan ketik Gboard terbuka, pilih Text correction. Dari halaman Text correction, kemudian matikan semua opsi di bagian Suggestions. Kamu juga bisa mematikan semua opsi di bagian Corrections, jika tidak inginĀ  menggunakan fitur koreksi otomatis.

Pada ponsel Infinix yang menggunakan Kika Keyboard, kamu bisa mengetuk ikon K di bar atas saat papan ketik terbuka, lalu memilih Settings. Selanjutnya, kamu bisa memilih opsi Settings sekali lagi dari halaman yang terbuka.

Cari opsi Advanced settings, dan pilih opsi tersebut. Kemudian, kamu bisa menghilangkan centang yang ada pada opsi Next Word Suggestions dan Suggestions Contact Name.

Sebagai tambahan informasi, kamu bisa masuk ke Auto-correction, mengetuk bahasa yang aktif, dan memilih off untuk mematikan koreksi otomatis jika kamu tidak berkenan dengan fitur tersebut.

* Jika kamu ingin mengirimkan pertanyaan, bisa dikirimkan via email ke tanya@gadgetren.com. Pertanyaan terpilih akan dijawab di artikel Bengkel setiap hari Rabu.

Tinggalkan Komentar