Bengkel

Apakah Tersedia Teknologi Fast Battery Charging di OPPO A9 2020?

OPPO A9 2020 Fast Charging Header

Gadgetren – Teknologi fast charging atau pengisian daya cepat merupakan salah satu fitur yang menurut saya wajib dimiliki oleh berbagai macam ponsel pintar di masa yang serba semakin cepat ini.

Dengan menggunakan teknologi ini, kita dapat menjalani berbagai macam aktivitas, tanpa perlu meninggalkan ponsel di terminal pengisian daya. Dengan teknologi ini, kita bisa mengisi daya lebih cepat di sela-sela aktivitas yang sangat padat.

Namun sayangnya, tidak semua ponsel pintar yang beredar sekarang ini mendukung teknologi ini untuk melengkapi keunggulan-keunggulan yang sudah ditawarkan.

Karenanya, pengguna pun harus lebih teliti saat akan membeli ponsel baru. Terkait dengan hal ini, salah seorang calon pembeli OPPO A9 2020 pun secara langsung menanyakannya kepada tim Gadgetren.

Sebagai jawabannya, kami akan mencoba mengulasnya melalui artikel bengkel kali ini, supaya kamu yang juga menginginkan OPPO A9 2020 tidak merasa kecewa.

Pertanyaan:

Bang, saya mau beli OPPO A9 2020, tapi apakah sudah tersedia teknologi Fast Battery Charging di dalamnya?

Jawaban:

OPPO A9 2020 merupakan salah satu dari beberapa ponsel pintar yang menawarkan baterai sebagai kelebihan utamanya. Seperti yang tertulis secara jelas di halaman spesifikasinya, perangkat ini dilengkapi dengan baterai jumbo yang berkapasitas 5.000 mAh.

Dengan baterai yang cukup besar ini, pastinya fitur fast charging sangat dibutuhkan untuk melengkapinya. Pihak OPPO sendiri tidak secara langsung mengungkapkan ketersediaan fitur ini.

Usut punya usut, hal ini bukan berarti menunjukkan bahwa perangkat OPPO A9 2020 tidak memiliki fitur fast charging. Karena berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Tirto.id, perangkat ini dilengkapi dengan fitur 18 watt Fast Charging.

Namun, saya meyakini fitur fast charging ini bukan fitur VOOC Flash Charge yang selalu menjadi andalan OPPO dalam berbagai macam perangkat flagship-nya, seperti lini OPPO F atau OPPO K.

Hal ini karena, berdasarkan informasi yang saya peroleh, lini VOOC Flash Charge memiliki tiga varian yang bekerja dengan daya mulai dari 20 watt.

Saya sendiri lebih percaya kalau fitur pengisian cepat tersebut merupakan fitur pendukung bawaan dari SoC yang digunakan oleh OPPO A9 2020, yakni Qualcomm Snapdragon 665.

Di dalam SoC buatan Qualcomm tersebut, terdapat fitur pendukung yang bernama Qualcomm Quick Charge 3. Berdasarkan data yang diungkapkan oleh DigitalTrend, fitur ini disebutkan beroperasi di 18 watt.

Lalu apakah Quick Charge 3 lebih buruk?

Jawabannya tentu saja tidak. Meskipun tidak sebaik VOOC Flash Charge yang menjadi andalan OPPO, Quick Charge 3 memiliki dukungan charger yang lebih banyak, karena banyak digunakan oleh ponsel dengan SoC Snapdragon dan mendukung standar charger sebelumnya.

* Jika kamu ingin mengirimkan pertanyaan, bisa dikirimkan via email ke tanya@gadgetren.com. Pertanyaan terpilih akan dijawab di artikel Bengkel setiap hari Rabu.

Tinggalkan Komentar