Smartphone Sponsored Content

Duel realme 5 Pro vs vivo Z1 Pro – Mana yang Lebih Menarik?

realme 5 pro vs z1 pro 9

Kini sudah banyak bermunculan smartphone kelas menengah yang mempunyai harga terjangkau, kamera berkualitas, dan performa bertenaga di Indonesia yang mana di antaranya adalah realme 5 Pro dan vivo Z1 Pro.

Realme 5 Pro hadir di Indonesia dengan dua varian yaitu varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal 128 GB serta varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB.

Vivo Z1 Pro juga hadir di Indonesia dengan dua varian yakni RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB serta varian RAM 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB.

Dengan spesifikasi hardware yang ditawarkan kedua smartphone ini, manakah yang lebih unggul mengingat keduanya merupakan smartphone yang menyasar segmen kelas menengah di Indonesia?

Desain

realme 5 pro vs z1 pro 5

Dari sisi desain, realme 5 Pro menawarkan bodi belakang dengan desain potongan berlian yang akan terlihat berkilau ketika terkena pantulan cahaya. Smartphone ini sendiri mempunyai warna dengan pilihan Crystal Green dan Sparkling Blue.

Sedangkan vivo Z1 Pro menghadirkan bodi belakang dengan warna gradasi yang akan menghasilkan garis cahaya lurus ketika terkena pantulan cahaya. Untuk perangkat ini hadir dengan pilihan warna Sonic Blue dan Sonic Black.

Bodi belakang kedua smartphone ini tidak licin ketika digenggam dengan satu tangan. Meskipun begitu, debu maupun noda sidik jari mudah menempel pada kedua produk ini sehingga sebaiknya kamu menggunakan casing tambahan untuk lebih melindunginya.

Untuk sensor fingerprint realme 5 Pro dan vivo Z1 Pro sama-sama disematkan pada bagian belakangnya. Posisi sensor fingerprint dari kedua produk ini juga sangat mudah untuk dijangkau oleh jari saya ketika ingin membuka kunci tanpa memasukkan password atau pattern.

Layar

realme 5 pro vs z1 pro 12

Realme 5 Pro mempunyai desain layar penuh dengan poni berbentuk tetesan embun di bagian tengah atasnya. Sementara vivo Z1 Pro menggunakan desain layar penuh dengan punch hole di bagian kiri atasnya.

Selain untuk mengurangi jarak bezel di bagian atas, poni dan punch hole digunakan untuk menyimpan kamera depannya. Secara pribadi, saya lebih menyukai poni karena terlihat simetris dibandingkan punch hole yang diposisikan di bagian kiri atau kanan.

Namun apabila kamu tidak menyukai keduanya, maka kamu dapat menyembunyikannya dengan fitur yang tersedia pada menu Settings. Nantinya pada saat fitur penyembunyi diaktifkan maka akan muncul garis hitam di bagian atas yang menyembunyikan poni atau punch hole.

Ukuran layar dari realme 5 Pro yang 6,3 inci sedikit lebih kecil dibandingkan dengan vivo Z1 Pro yang berukuran 6,53 inci. Layar dari kedua smartphone ini sama-sama menggunakan teknologi IPS yang memungkinkan penggunanya masih dapat melihat konten pada layar hingga sudut kemiringan 178 derajat.

Dengan penggunaan teknologi layar yang sama, terlihat bahwa kecerahan layar pada realme 5 Pro dan vivo Z1 Pro hampir sama. Untuk resolusi layarnya, kedua smartphone ini dibekali dengan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel).

Sementara itu, layar realme 5 Pro dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 3+ sehingga lebih tahan goresan dibandingkan dengan vivo Z1 Pro yang tidak menggunakan kaca anti gores.

Software

ColorOS 6 realme 5 ProColorOS 6.0

vivo Z1 Pro FunTouch OSFuntouch OS 9

Realme dan vivo sama-sama menghadirkan tampilan antarmuka buatan sendiri pada sistem operasi yang disematkan dalam smartphone ciptaannya. Realme 5 Pro menggunakan ColorOS 6.0 dan vivo Z1 Pro menggunakan Funtouch OS 9. Keduanya sama-sama berbasiskan sistem operasi Android 9 Pie.

Realme 5 Pro sendiri memiliki dua pilihan tampilan Home Screen yang dapat diatur dengan App Drawer atau tidak. Namun secara bawaan, realme 5 Pro akan langsung menggunakan Home Screen App Drawer. Sedangkan vivo Z1 Pro hanya memiliki tampilan Home Screen tanpa App Drawer.

Sistem operasi kedua smartphone ini mempunyai fitur-fitur tambahan yang dapat membantu penggunanya dalam aktivitas sehari-hari, mulai dari kloning aplikasi, gesture, dual-split multitasking, dan masih banyak lagi.

Menarik atau tidaknya tampilan antarmuka sistem operasi dari realme 5 Pro atau vivo Z1 Pro itu tergantung dari selera penggunanya.

Performa

realme 5 pro vs z1 pro 1

Realme 5 Pro dan vivo Z1 Pro sama-sama dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 712 Octa-Core (2×2.3 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver). Chipset kelas menengah ini bertenaga berkat penggunaan teknologi proses 10nm yang efisien.

Untuk menguji kemampuan dan performa dari kedua smartphone ini, saya pun bisa menjalankan beragam aktivitas menggunakan aplikasi sehari-sehari secara multitasking, navigasi smartphone, hingga memainkan game.

Pada saat digunakan untuk bermain game, realme 5 Pro dan vivo Z1 Pro mampu menjalankan game Arena of Valor, Free Fire, PUBG Mobile, dan Final Fantasy XV Pocket Edition dengan lancar serta mulus pada pengaturan grafis dan frame rate tinggi.

Khusus vivo Z1 Pro, game Mobile Legends belum memberikan pengaturan frame rate tinggi sehingga hanya dapat dimainkan dengan grafis tinggi dan frame rate standar. Sementara game Mobile Legends menampilkan pengaturan grafis dan frame rate tinggi pada realme 5 Pro.

Untuk menunjang penggunaa sehari-hari, realme 5 Pro dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.035 mAh sedangkan vivo Z1 Pro dibekali dengan kapasitas baterai yang lebih besar yakni 5.000 mAh.

Kamera

realme 5 pro vs z1 pro 4

Realme 5 Pro hadir dengan 4 kamera belakang yang mempunyai konfigurasi kamera utama 48 MP (apertur f/1.8) bersensor Sony IMX586, kamera ultra-wide 8 MP (apertur f/2.2), kamera sekunder 2 MP (apertur f/2.4), dan kamera ultra makro 2 MP (apertur f/2.4) ditambah kamera depan 16 MP (apertur f/2.0).

Sementara vivo Z1 Pro dibekali dengan 3 kamera belakang yang mempunyai kombinasi kamera utama 16 MP (apertur f/1.8), kamera sekunder 2 MP (apertur f/2.4), dan kamera ultra-wide 8 MP (apertur f/2.2) serta kamera depan 32 MP (apertur f/2.0)

Realme 5 Pro memiliki fitur khusus pada aplikasi kamera bawaannya yang bernama Nightscape dan Chroma Boost. Nightscape memungkinkan pengambilan foto di malam hari menjadi lebih terang dan minim noise dibandingkan menggunakan Auto Mode.

Selanjutnya, Chroma Boost akan memberikan peningkatan kecerahan dan kepekatan warna yang optimal pada foto yang dihasilkan. Untuk vivo Z1 Pro dibekali dengan fitur Night Mode yang cara kerjanya hampir mirip dengan Nightscape untuk menghasilkan foto yang terang dan minim noise di malam hari.

Baik realme 5 Pro dan vivo Z1 Pro mempunyai beragam fitur lain pada aplikasi kamera bawaannya yang bisa membantu penggunanya untuk mengambil foto dengan bagus. Berikut merupakan hasil foto yang dihasilkan oleh kedua smartphone (klik tiap foto untuk foto dengan resolusi asli).

Kamera belakang

Realm5Pro-Canvas-Normalrealme 5 Pro – Normal

Realme5Pro-Canvas-48MPrealme 5 Pro – 48MP

vivo Z1 Pro Kamera Belakang Kanvasvivo Z1 Pro

realme 5 Pro – Normal

realme 5 Pro – Chroma Boost

vivoz1pro-bungavivo Z1 Pro

realme5pro-Balaikota-wideanglerealme 5 Pro – Ultrawide

vivoz1pro-Balaikota-Widevivo Z1 Pro – Ultrawide

Realme5Pro-GedungBNI2-WideAnglerealme 5 Pro – Ultrawide

vivoz1pro-BNI-Widevivo Z1 Pro – Ultrawide

realme5Pro-BNI-Nightrealme 5 Pro – Nightscape

vivoz1pro-BNI-Nightvivo Z1 Pro – Night

realme5Pro-Sudirman-Nightrealme 5 Pro – Nightscpae

vivoz1pro-Sudirman-Nightvivo Z1 Pro – Night

Kamera depan

Selfie Normalrealme 5 Pro -Selfie Normal

vivoz1pro-selfienormalvivo Z1 Pro – Selfie Normal

Selfie Beauty + Bokehrealme 5 Pro – Selfie Bokeh

Selfie Beauty + Bokehvivo Z1 Pro – Selfie Bokeh

Kesimpulan

realme 5 pro vs z1 pro 13

Setelah dibandingkan secara keseluruhan, realme 5 Pro mengungguli vivo Z1 Pro dari sisi kemampuan kamera belakang. Hadirnya 4 kamera belakang dengan berbagai lensa membuat realme 5 Pro mampu menghasilkan foto yang lebih menarik dibandingkan vivo Z1 Pro.

Ditambah lagi realme 5 Pro mempunyai fitur Chroma Boost yang mampu meningkatkan kecerahan dan kepekatan warna sehingga membuat foto menjadi lebih menarik. Realme 5 Pro dan vivo Z1 Pro sama-sama mempunyai fitur untuk menghasilkan foto malam yang terang dan minim noise.

Realme 5 Pro juga lebih unggul dari sisi harga jual melihat harganya untuk varian RAM 4GB dengan kapasitas internal 128GB adalah Rp2.999.000 sedangkan Vivo Z1 Pro varian RAM 4GB dengan kapasitas internal hanya 64GB dijual dengan harga Rp3.099.000.

Dari sisi performa kedua smartphone ini sama-sama mampu bersaing karena telah dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 710 Octa-Core yang berteknologi proses 10nm sehingga menghasilkan performa yang bertenaga. Namun, kapasitas baterainya lebih besar vivo Z1 Pro dibandingkan realme 5 Pro.

* Disclosure : Artikel ini merupakan hasil kerja sama dengan realme

Tinggalkan Komentar