Berita Laptop

ASUS VivoBook A409 dan A509 Dirilis di Indonesia! Unggulkan Intel Core i7 dan RAM hingga 16GB

ASUS VivoBook A409

Gadgetren – ASUS telah meluncurkan dua laptop terbarunya ke Indonesia yang bernama ASUS VivoBook A409 dan VivoBook A509. Kedua laptop ini hadir untuk membantu dan memudahkan penggunanya dalam melakukan tugas sehari-hari.

Keduanya dibekali dengan dua pilihan prosesor Intel Core generasi ke-8 yang terdiri dari Intel Core i7-8565U dan Intel Core i5-8265U. Kedua prosesor ini mampu menjalankan software dengan lancar pada ASUS VivoBook A409 dan VivoBook A509.

Sementara RAM DDR4 2400MHz kapasitas 8GB (4GB + 4GB) telah dibenamkan pada VivoBook A409 varian Intel Core i7 dan RAM DDR4 2400 MHz kapasitas 4GB telah disematkan pada varian Intel Core i5.

Dengan RAM berkapasitas besar ini membuat ASUS VivoBook A409 dan VivoBook A509 mampu menjalankan software secara multitasking dengan lancar tanpa hambatan sama sekali. Pihak ASUS sendiri mengatakan bahwa penggunanya dapat menyematkan RAM hingga kapasitas 16 GB pada kedua laptop ini.

Selanjutnya, kedua VivoBook ini juga dibekali dengan dukungan dual storage internal yang terdiri dari SSD PCIeG3x2 NVMe berkapasitas 512 GB dan HDD SATA berkapasitas 1 TB. Dengan penggunaan SSD membuat sistem operasi dan software mampu memiliki waktu loading yang cepat.

Sementara kapasitas HDD yang sangat besar membuat penggunanya dapat menyimpan banyak foto, video, musik, dokumen, dan data lainnya sekaligus. ASUS juga mempercayakan NVIDIA GeForce MX230 untuk mengolah grafis software dan sistem operasi yang berjalan pada VivoBook A409 dan VivoBook A509.

ASUS VivoBook A409 All

Menariknya, ASUS telah menghadirkan dukungan teknologi memori Intel Optane pada kedua perangkat ini yang secara cerdas akan mendongkrak performa harddisk, mulai dari percepatan loading software saat multitasking sampai mengurangi waktu boot-up dan resume.

Algoritma caching yang cerdas membuat seluruh software yang sering dijalakan dan dokumen yang sering digunakan akan memiliki waktu load lebih cepat. Dengan kata lain, laptop dengan HDD biasa pun terasa mirip performanya dengan SSD.

Untuk layarnya sendiri, VivoBook A409 hadir dengan ukuran 14 inci LED Backlit dan VivoBook A509 dengan ukuran 15 inci LED backlit. Layar kedua laptop ini juga dibekali dengan resolusi Full HD (1920 x 1080 piksel) dan refresh rate 60 Hz.

Tak lupa, teknologi Anti-Glare telah dihadirkan pada kedua laptop ini yang memungkinkan penggunanya masih dapat melihat konten pada layar, meskipun dalam kondisi terkena terik sinar matahari sekalipun.

ASUS VivoBook A409 Samping

Dari sisi desain, kedua perangkat ini menggunakan teknologi dua sisi NanoEdge dengan frame hanya selebar 6,5 mm di sisi kiri dan kanannya sehingga VivoBook A409 mempunyai rasio layar ke bodi sebesar 78% dan VivoBook A509 sebesar 83%.

Seperti biasanya, keyboard chiclet telah disematkan ASUS pada keduanya yang mempunyai desain ergonomis sehingga membuat penggunanya nyaman dalam melakukan pengetikan. Tak hanya itu, sensor fingerprint pun telah hadir di dekat bagian Touchpad dari VivoBook A409 dan A509 yang didampingi dengan fitur Windones Hello dari Windows 10 yang mampu memberikan keamanan dengan baik.

Tak ketinggalan, kedua perangkat ini telah dibekali dengan port USB Type-C (USB 3.1 Gn 1), port jack audio, port USB 3.0 Type-A, port USB 2.0, port HDMI, Stereo Speaker dengan teknologi SonicMaster, WiFi, Bluetooth, baterai 2-Cell 32 Wh, dan Windows 10 Home Original. Sayangnya ASUS belum mengumumkan harga resmi dari kedua laptop ini di Indonesia.

Tinggalkan Komentar