Gadget Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan realme 5 – Versi Murah Yang Tak Kalah Wah

Kelebihan dan Kekurangan realme 5 Header

Gadgetren – Realme 5 Pro bukan satu-satunya smartphone yang diluncurkan oleh realme pada tanggal 20 Agustus 2019 kemarin. Perusahaan tersebut juga meluncurkan realme 5 yang notabene tak kalah menarik.

Secara sekilas, realme 5 merupakan versi murah dari realme 5 Pro. Dengan membawa desain yang sangat mirip, smartphone ini pun menawarkan spesifikasi yang cukup berbeda, dari mulai SoC hingga baterai yang digunakan.

Namun menariknya, walaupun hadir sebagai versi murah, smartphone ini menurut saya masih patut dipertimbangkan. Hal ini karena smartphone ini juga memiliki beberapa kelebihan meski diselipi dengan kekurangan-kekurangannya.

Kelebihan realme 5

Salah satu kelebihan di antaranya, smartphone baru buatan realme ini sudah dilengkapi dengan kamera utama yang memuat empat jenis lensa yang berbeda, sehingga bisa mengakomodir semua kebutuhan fotografi pengguna.

Adapun komposisi dari lensa di kamera realme 5 tersebut adalah lensa utama beresolusi 12 MP (f/1.8), lensa ultra wide-angle 119 derajat beresolusi 8 MP (f/2.25), lensa makro 2 MP, serta lensa potret 2 MP.

Selain memiliki kemampuan fotografi yang cukup lengkap, realme 5 juga dilengkapi dengan SoC yang cukup kuat. Guna menunjang setiap aktivitasnya, perangkat ini sudah mempercayakan kemampuannya kepada Snapdragon 665.

Snapdragon 665 sendiri merupakan SoC menengah yang bertenaga dari Qualcomm. SoC ini dibangun berdasarkan embat inti Kyro 260 Gold dan empat inti Kyro 260 Silver yang dikombinasikan dengan GPU Adreno 610.

Kelebihan dan Kekurangan realme 5 SoC

Dibangun dengan pabrikasi 11 nm yang lebih efisien, Snapdragon 665 menawarkan kinerja yang mumpuni, yang bisa diandalkan untuk menjalankan berbagai macam aplikasi hingga bermain game berat sekalipun – meskipun beberapa game tidak akan mencapai settingan maksimal.

Berdasarkan hasil coba yang dilakukan oleh GSMArena, realme 5 yang ditenagai dengan SoC Snapdragon 665 ini bisa menyentuh angka 139.516 saat diuji menggunakan AnTuTu 7, yang notabene mengalahkan smartphone menengah lain seperti Xiaomi Redmi Note 7 atau realme 3.

Mengimbangi SoC yang cukup kuat tersebut, realme 5 pun sudah didukung dengan Ram dengan kapasitas maksimal hingga 4 GB, dengan pilihan penyimpanan internal yang variatif, dari mulai 32 GB, 64 GB hingga 128 GB.

Yang tak kalah menarik, dengan SoC yang sudah lebih efisien, realme 5 masih mengandalkan baterai dengan kapasitas yang sangat besar. Bahkan dengan baterainya yang berkapasitas 5.000 mAh tersebut, realme 5 diklaim bisa digunakan untuk bermain PUBG Mobile selama 8,5 Jam hingga memutar YouTube selama 19,1 jam.

Kelebihan dan Kekurangan realme 5 Baterai

Selain itu, perangkat ini – baik komponen dalam maupun luarnya – sudah dilindungi dengan lapisan kedap air dan kedap udara, untuk memastikan perangkat tersebut tetap dalam kondisi aman untuk melakukan aktivitas apapun, kecuali aktivitas ekstrem seperti berenang atau menyelam.

Kekurangan realme 5

Yang cukup disayangkan, meski sudah memiliki jeroan yang cukup pas, realme 5 masih menggunakan port Micro-USB sebagai port untuk transfer data maupun port untuk pengisian dayanya.

Selain itu, layarnya yang masih HD+ juga bisa menjadi catatan tersendiri, karena beberapa smartphone yang hadir dengan resolusi Full HD+ yang menawarkan tampilan yang lebih tajam.

Absennya pengisian cepat khas VOOC Flash Charge dalam paket penjualannya juga menjadi kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Yang mana dalam hal ini, realme 5 hanya dilengkapi dengan pengisian daya 10 Watt.

Tinggalkan Komentar