Smartphone

Inilah Hasil Foto realme Quad-Camera dengan 64 MP. Apakah Bagus?

realme Quad Camera 64MP Back

Gadgetren – Baru-baru ini realme secara resmi telah menyelenggarakan acara yang bertajuk Camera Innovation Event dengan tema Leap to Quad Camera di Jakarta.

Dalam acara tersebut, realme memamerkan smartphone dengan empat kamera belakang (Quad-Camera) kepada peserta yang hadir. Tak hanya sampai di situ, smartphone tersebut memiliki kamera utama belakang dengan resolusi 64 MP.

Hal ini menjadi menarik karena hingga saat ini, smartphone yang beredar di pasaran baru memiliki kamera utama dengan resolusi tertinggi mencapai 48 MP. Dengan kata lain, realme mencoba menggebrak pasar dengan menghadirkan smartphone yang mempunyai resolusi lebih besar lagi.

Pihak realme sendiri mengungkapkan bahwa menggunakan sensor kamera besutan Samsung yang bernama ISOCELL GW1 agar mampu menghasilkan foto dengan kamera beresolusi 64 MP secara bagus dan minim noise.

Secara bawaan, smartphone realme Quad-Camera ini akan menghasilkan foto normal dengan resolusi yang mencapai 16 MP. Untuk bisa menghasilkan foto dengan resolusi 64 MP maka pengguna harus mengaktifkan mode Ultra 64 MP pada fitur yang terdapat dalam aplikasi kamera bawaannya.

Dihasilkannya resolusi 16 MP secara bawaan dalam mengambil foto disebabkan metode Tetracell (Pixel Binning) yang dilakukan oleh sensor buatan Samsung tersebut sehingga bisa mendapatkan lebih banyak informasi, seperti cahaya, warna, dan lainnya.

Dengan kata lain, setiap 4 piksel akan digabungkan menjadi satu untuk membuat area penangkapan cahaya menjadi luas sehingga hasil fotonya akan berukuran 16 MP. Metode ini juga memungkinkan hasil foto di kondisi minim cahaya atau malam hari menjadi lebih baik.

Sementara itu, Samsung menghadirkan ISOCELL GW1 dengan algoritam remosaic sehingga memungkinkan pengambilan foto dengan resolusi penuh hingga 64 MP untuk menangkap detail lebih tinggi.

Perbedaannya akan terasa ketika kamu melakukan zoom (perbesaran) pada hasil foto dengan resolusi 16 MP maupun 64 MP. Pada foto beresolusi 64 MP dapat diperbesar lebih jauh lagi dibandingkan dengan foto beresolusi 16 MP.

Lalu seperti apa hasilnya? Berikut ini merupakan contoh foto perbandingan dari smartphone realme Quad-Camera yang menggunakan resolusi 16 MP dan 64 MP. (klik gambar untuk perbesar)

16 MP Tanpa Crop

realmeQuadCam-64MP64 MP Tanpa Crop

Perbandingan Crop di Beragam Resolusi

realmeQuadCam-16MP-4K16 MP – Crop Resolusi 4K

realmeQuadCam-64MP-4K64 MP – Crop Resolusi 4K

realmeQuadCam-16MP-QuadHD16 MP – Crop Resolusi Quad HD

realmeQuadCam-64MP-QuadHD64 MP – Crop Resolusi Quad HD

realmeQuadCam-16MP-HD16 MP – Crop Resolusi HD

realmeQuadCam-64MP-HD64 MP – Crop Resolusi HD

Terlihat bahwa foto yang menggunakan resolusi 64 MP memiliki detail yang lebih tinggi dibandingkan dengan 16 MP. Setelah dilakukan proses crop dan membandingkannya pada resolusi yang sama, terlihat bahwa foto beresolusi 64 MP mampu menghasilkan detail yang lebih bagus, meskipun telah diperbesar lebih jauh dibandingkan dengan resolusi 16 MP.

Tertarik? Kabarnya realme baru akan menghadirkan beberapa smartphone dengan Quad-camera ini pada akhir tahun 2019.

Tinggalkan Komentar