Tips dan Trik

2 Cara Screenshot OPPO A1k Yang Sangat Mudah dan Cepat

Cara Screenshot OPPO A1K Header

Gadgetren – OPPO A1k merupakan smartphone kelas menengah dari OPPO yang telah hadir di Indonesia dengan beragam fitur menarik.

Smartphone ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh yang diklaim OPPO mampu bertahan selama 17 jam dalam pemakaian normal. Sementara itu, layarnya menggunakan desain penuh dengan poni berbentuk waterdrop pada bagian atasnya.

Sama halnya seperti smartphone besutan OPPO lainnya, perangkat satu ini menggunakan sistem operasi ColorOS berbasis Android yang punya banyak fitur. Meskipun begitu, sebagian penggunanya mungkin belum mengetahui mengenai cara untuk menangkap tampilan layar menjadi sebuah gambar.

Untuk itu, bagi kamu yang penasaran dengan cara screenshot di OPPO A1k maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Screenshot OPPO A1k dengan Fitur 3 Jari

  1. Pertama, kamu dapat membuka menu atau aplikasi Settings
  2. Selanjutnya kamu bisa memilih menu Gesture and Motion
  3. Dalam halaman berikutnya, kamu dapat membuka opsi Quick Gesture
  4. Dari pilihan yang ada, kamu dapat mengaktifkan fitur Gesture Screenshot
  5. Setelah fitur aktif, maka kamu dapat langsung mencari area yang akan di-screenshot
  6. Setelah area dipilih, maka kamu hanya perlu menyapu atau swipe 3 jari yang dirapatkan secara bersamaan dari bagian atas ke bawah layar
  7. Apabila suara shutter terdengar dan layar berkedip maka screenshot telah berhasil diambil
  8. Hasil screenshot ini bisa langsung dilihat di aplikasi Gallery atau menu notifikasi

OPPO telah menyediakan fitur khusus untuk memudahkan pengguna OPPO A1k dalam mengambil screenshot dengan mudah. Fitur ini memungkinkan kamu dapat melakukan screenshot hanya dengan menyapu dengan 3 jari saja.

Dengan menggunakan fitur Quick Gestue ini, kamu dapat melakukan screenshot dengan sangat cepat. Namun untuk bisa memanfaatkan fitur ini kamu harus melakukan pengaturan terlebih dahulu agar aktif.

Menggunakan Kombinasi tombol fisik

  1. Pertama, kamu dapat mencari area yang akan di-screenshot
  2. Setelah area ditentukan, maka kamu dapat langsung menekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik
  3. Pada saat layar berkedip dan suara shutter terdengar, maka proses screenshot telah selesai
  4. Gambar screenshot dapat dilihat melalui menu notifikasi atau aplikasi Gallery

Bisa dibilang kombinasi dengan menggunakan tombol fisik ini merupakan cara screenshot yang dapat dilakukan hampir semua smartphone Android. Dibandingkan dengan Quick Gesture, fitur yang satu ini dapat dilakukan tanpa perlu melakukan pengaturan sama sekali.

Di antara kedua metode screenshot ini, saya lebih menyukai menggunakan Quick Gesture karena dapat dilakukan secara cepat dengan hanya mengusap layar. Meskipun memang harus melakukan pengaturan terlebih dahulu.

Dengan menggunakan Quick Gesture ini, kamu dapat menghemat jumlah tekan pada tombol fisik sehingga tidak cepat rusak. Namun metode mana yang lebih nyaman akan tergantung dari selera kamu masing-masing.

Tinggalkan Komentar