ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

2 Cara Screenshot Samsung Galaxy A80 yang Bisa Kamu Lakukan

Cara Screenshot Samsung Galaxy A80 Header

Gadgetren – Screenshot merupakan salah satu fitur yang memudahkan kamu untuk bisa mendapatkan rekaman konten dari smartphone dalam bentuk gambar.

Selain dapat menjadi pengingat, biasanya hasil screenshot ini dapat menjadi bukti ketika melakukan chat atau transaksi. Setiap smartphone memiliki cara screenshot yang hampir sama, termasuk Samsung Galaxy A80.

Galaxy A80 ini menghadirkan fitur screenshot yang umum digunakan oleh banyak smartphone Android maupun fitur khusus yang hanya hadir di smartphone Samsung. Untuk itu, bagi kamu yang penasaran dengan cara screenshot di Samsung Galax A80 maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Screenshot Samsung Galaxy A80 Menggunakan Fitur Khusus Samsung

  1. Sebagai langkah awal, kamu dapat masuk ke menu atau aplikasi Settings (Pengaturan)
  2. Pada halaman Settings (Pengaturan), dapat langsung memilih Advanced Features
  3. Kamu dapat memilih menu Motion and Gesture (Gerakan dan Gerakan) pada halaman Advanced Features
  4. Selanjutnya, kamu dapat langsung mengaktifkan fitur Palm Swipe to Capture (Palm Swipe untuk menangkap)
  5. Setelah fitur aktif, maka kamu dapat menentukan area yang akan di-screenshot
  6. Apabila area telah ditentukan, maka kamu dapat membuat jari menjadi rapat sehingga mempunyai bentuk seperti pisau dan langsung melakukan swipe atau menyapu layar dari kanan ke kiri
  7. Suara shuter terdengar dan layar berkedip mengisyaratkan bahwa screenshot telah berhasil diambil
  8. Gambar hasil screenshot akan langsung disimpan di penyimpanan smartphone dan bisa diakses menggunakan aplikasi Galeri atau menuju menu notifikasi

Ini merupakan fitur khusus dari Samsung yang memudahkan penggunanya dengan cepat melakukan screenshot. Namun kamu harus terlebih dahulu melakukan pengaturan agar bisa mengaktifkan fitur yang satu ini.

Kombinasi Tombol Fisik yang Umum

Sebagai salah satu smartphone Android, Samsung Galaxy A80 secara otomatis dapat langsung menggunakan kombinasi tombol fisik pada umumnya. Untuk itu, kamu dapat langsung melihat caranya sebagai berikut ini.

  1. Kamu dapat mencari area yang akan di-screenshot pada Samsung Galaxy A80
  2. Setelah area ditentukan, maka kamu dapat menekan tombol Volume Bawah dan Power secara bersamaan dalam beberapa detik
  3. Layar berkedip dan suara shutter yang terdengar menandakan bahwa screenshot telah berhasil dilakukan
  4. Hasil screenshot dapat dilihat dari menu notifikasi atau aplikasi Galeri

Cara yang satu ini merupakan andalan dari semua smartphone Android, dimana dapat langsung dilakukan tanpa perlu pengaturan sama sekali. Dibandingkan menggunakan fitur Palm Swipe, saya lebih suka menggunakan kombinasi tombol fisik ini karena lebih cepat dilakukan.

Nah, bagi kamu yang memiliki cara lain untuk melakukan screenshot di Samsung Galaxy A80 maka dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar