Tips dan Trik

Tokopedia Luncurkan Fitur Tukar Tambah, Begini Cara Menggunakannya!

Tokopedia Tukar Tambah Header

Gadgetren – Bekerja sama dengan Laku6.com, Tokopedia meluncurkan fitur tukar tambah di dalam layanannya. Dengan fitur ini, pengguna kini tidak perlu datang ke toko offline untuk menukarkan ponselnya.

Berdasarkan ulasan yang disampaikan oleh Kompas, peluncuran fitur baru ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya keinginan masyarakat untuk upgrade smartphone di era digital ini.

Peningkatan keinginan ini pun bisa ditandai dengan adanya peningkatan daya beli smartphone oleh masyarakat pada tahun 2018, yang kalau diangkakan bisa menyentuh kisaran 38 juta perangkat.

Sama seperti proses tukar tambah pada umumnya, proses tukar tambah melalui fitur baru Tokopedia ini pun bisa dilakukan dengan memotong harga smartphone baru dengan harga jual dari smartphone lama.

Adapun untuk menentukan harga jual smartphone lama, Tokopedia akan melakukan berbagai pengecekan melalui aplikasi, selayaknya fitur test hardware smartphone pada umumnya.

Pengecekan ini sendiri akan meliputi pengecekan layar sentuh, sensor-sensor yang ada (seperti akselerometer dan giroskop), Wi-Fi, hingga model smartphone melalui IMEI (International Mobile Equipment Identity).

Secara lebih rinci, berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menggunakan fitur baru di layanan Tokopedia ini.

Cara Menggunakan Fitur Tukar Tambah di Tokopedia

Supaya bisa menggunakan fitur ini, pastikan terlebih dahulu aplikasi Tokopedia yang ada di smartphone merupakan versi yang paling baru. Jika belum, kamu bisa memperbaruinya melalui Google Play Store maupun Apple App Store.

Selanjutnya, login ke aplikasi menggunakan akun yang sudah terverifikasi, lalu cari smartphone impian yang ingin kamu miliki menggunakan fitur pencarian. Pada bagian atas, kemudian pilih filter Tukar Tambah.

Pilih produk yang mendukung fitur tukar tambah – dengan mengaktifkan filter di atas seharusnya produk yang ditampilkan sudah mendukung. Biasanya produk ini ditandai dengan tanda Tukar Tambah di bawah fotonya.

Gulir ke bawah lalu tekan banner “Tukar tambah sekarang juga!“, lalu lengkapi detail produk yang akan dibeli dengan data seperti warna, jumlah produk yang akan dibeli, dan keterangan tambahan untuk penjual.

Setelah selesai mengisi detailnya, tekan tombol Tukar Tambah lalu tekan tombol Setuju agar aplikasi dapat mengecek model perangkat. Jika diminta nomor IMEI, jangan lupa untuk memasukkannya.

Tokopedia Tukar Tambah Langkah-Langkah

Selanjutnya tekan tombol Mulai Cek Fungsi, kemudian ikuti petunjuk pengecekan yang diberikan oleh aplikasi. Jika sudah, lanjut ke langkah berikutnya dengan menekan tombol Lanjut Cek Fisik.

Berikutnya, salin link yang tertera pada halaman yang ditampilkan. Kemudian kirim link tersebut dan buka melalui perangkat lain. Lalu, ikuti petunjuk yang diberikan, seperti untuk memfoto bagian depan dan belakang smartphone lama yang akan ditukarkan.

Namun perlu diingat, dalam proses tersebut, jangan menutup aplikasi Tokopedia sampai sistem berhasil mengidentifikasi harga dari fisik smartphone melalui foto yang diunggah.

Setelah beberapa saat, aplikasi akan menampilkan harga jual smartphone lama berdasarkan kondisi smartphone, sekaligus menampilkan harga smartphone baru yang sudah dipotong dari harga tersebut.

Jika setuju, kamu selanjutnya bisa menekan tombol Lanjut Foto KTP untuk kemudian mengambil foto KTP. Jika sudah, lanjutkan juga dengan menekan mengambil foto diri bersama KTP. Kemudian, akhiri dengan menekan tombol Unggah dan beli sekarang.

Cek kembali alamat pengiriman dan nomor telepon yang kamu miliki. Pastikan semuanya benar untuk mempermudah kurir ke tempatmu untuk menukar smartphone lamamu dengan smartphone baru.

Jika sudah benar, klik tombol BAYAR, lalu pilih metode pembayaran yang ingin kamu gunakan. Jika sudah, bayar sesuai dengan metode yang kamu pilih tersebut dan tunggu kurir menghubungimu.

Walaupun prosesnya sangat mudah, namun sayangnya fitur tukar tambah di layanan Tokopedia ini sementara baru tersedia untuk wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

Tinggalkan Komentar