ASUS TUF Gaming F15
Berita Smartphone

Xiaomi Mi A3 Lahir, Unggulkan Baterai 4.030mAh dan Kamera 48 MP

Xiaomi Mi A3 Feature

Gadgetren – Seperti peluncuran Mi A2 di Spanyol, kini Xiaomi secara resmi meluncurkan smartphone kelas menengah Mi A3 di negara yang sama.

Mi A3 sendiri merupakan smartphone Xiaomi yang mengikuti program Android One sehingga akan mendapatkan update yang tercepat dan terdepan dari Google dengan dukungan selama dua tahun.

Perangkat yang satu ini menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie tanpa MIUI. Dengan kata lain, Mi A3 akan terdepan dalam mendapatkan update sistem operasi Android 10 Q dan Android 11 R.

Xiaomi mengatakan bahwa spesifikasi hardware dari Mi A3 mirip dengan Mi CC9e. Smartphone ini hadir dengan layar penuh dengan poni berbentuk dot drop di bagian atasnya. Layarnya mempunyai lebar 6,01 inci dengan resolusi HD+ (1560 x 720 piksel), berteknologi Super AMOLED, dan dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5.

Berkat penggunaan teknologi Super AMOLED, membuat sensor fingerprint Xiaomi Mi A3 berada di bawah layarnya. Hal ini membuatnya berbeda dengan smartphone seri Mi A sebelumnya yang menggunakan sensor fingerprint di bagian belakang.

Xiaomi mempercayakan chipset Qualcomm Snapdragon 665 Octa-Core yang bertenaga dengan teknologi proses 11nm menjadi dapur pacu dari Mi A3. Dalam mengimbangi kemampuan chipset tersebut, Xiaomi juga menyematkan RAM 4 GB dan storage internal dengan pilihan 64 GB atau 128 GB pada smartphone yang satu.

Xiaomi Mi A3 Baterai

Bisa dibilang chipset smartphone terbaru ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan Mi A2 yang menggunakan Snapdragon 660 Octa-Core. Apabila dirasa kapasitas internalnya kurang lega maka pengguna perangkat ini dapat menambahkan microSD.

Soal urusan fotografi, Xiaomi Mi A3 dibekali dengan tiga kamera belakang yang mempunyai konfigurasi kamera utama 48 MP (aperture f/1.8), kamera sekunder 2 MP (apertur f/2.4), dan kamera ultra-wide 8 MP (apertur f/2.2).

Kamera ultra-wide belakangnya mampu menghasilkan foto dengan area yang luas. Sementara kombinasi kamera utama dan kamera sekundernya sudah mampu menghasilkan foto bokeh (latar buram) dengan rapi.

Beralih ke bagian depan, Xiaomi Mi A3 mempunyai kamera depan 32 MP ditambah AI Beauty yang dapat menghasilkan foto selfie atau wefie dengan wajah yang mulus. Apabila kamera belakangnya mampu merekam video beresolusi 2160p dengan 30fps atau 1080p dengan 120fps, berbeda dengan kamera depannya yang hanya merekam maksimal video 1080p.

Dari sektor baterai, smartphone yang satu ini mempunyai kapasitas 4.030 mAh dan diklaim Xiaomi mampu bertahan seharian penuh dalam pemakaian normal. Dukungan 18W Fast Charging pun telah disematkan pada Mi A3. Sayangnya charger bawaan dalam paket penjualannya hanya mendukung 10W sehingga penggunanya harus membeli charger 18W secara terpisah.

Apabila Mi A2 tidak memiliki port jack audio 3,5mm, maka Mi A3 telah menggunakannya. Tentu saja ini merupakan kabar gembira bagi yang ingin menggunakan headphone atau earphone dengan port tersebut.

Tak ketinggalan, dukungan Face Unlock, jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, dan GPS telah hadir di dalamnya. Smartphone ini akan dijual terlebih dahulu di Spanyol dengan harga yang mencapai 249 Euro atau sekitar Rp 3,9 juta untuk varian 64 GB dan 279 Euro atau sekitar Rp 4,7 juta untuk varian 128 GB.

Menurut Gadgeter, apakah Mi A3 ini akan diluncurkan di Indonesia juga? Mengingat Mi A1 dan Mi A2 telah dijual di sini. Apabila hadir di Indonesia, apakah harga smartphone ini akan lebih murah dibandingkan dengan Spanyol?

[Sumber : GSMArena]

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar