ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Tak Perlu Repot Kirim Pesan Satu Per Satu, Begini Cara Broadcast Pesan di Aplikasi WhatsApp

Cara Broadcast Pesan WhatsApp Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Agar tidak bersusah payah mengirim pesan WhatsApp satu per satu ke pengguna lain, kita bisa menggunakan fitur broadcast yang ada di dalamnya. Namun, bagaimana cara menggunakannya?

Sekedar informasi, broadcast sebenarnya mengacu pada sebuah metode yang bisa digunakan oleh para pengguna telepon untuk mengirimkan pesan yang sama secara bersamaan ke lebih banyak pengguna telepon.

Dalam hal ini bukan hanya WhatsApp, tetapi juga untuk berbagai macam layanan, dari mulai pesan singkat atau Short Message Service (SMS) hingga layanan perpesanan berbasis internet seperti LINE maupun Telegram.

Dengan menggunakan fitur semacam ini, kita sebagai pengguna bisa mengirim sebuah informasi melalui sebuah pesan ke banyak penerima dalam proses sekali jalan. Dalam artian, tidak perlu mengirimkannya satu per satu.

Khususnya untuk layanan WhatsApp di Android, kita bisa menggunakan fitur ini melalui aplikasinya secara langsung, tanpa memerlukan bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Lalu, bagaimana cara melakukannya?

Cara Membuat Broadcast Message atau Pesan Siaran di Aplikasi WhatsApp Android

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Tekan tombol Menu lainnya (ikon titik tiga di pojok kanan atas), lalu pilih New broadcast
  3. Di halaman berikutnya, pilih beberapa pengguna yang akan dituju, kemudian akhiri dengan menekan tombol centang untuk membuat broadcast list
  4. Setelah itu, ketik dan kirim pesan seperti saat mengirim pesan WhatsApp biasa

Cara Broadcast Pesan WhatsApp

Setelah menekan tombol Kirim (ikon pesawat kertas di samping kolom isi pesan), pesan akan terkirim secara pribadi ke masing-masing penerima. Atau berbeda dengan Group, pesan tersebut akan masuk ke pesan pribadi atau pesan WhatsApp secara normal.

Dan ketika penerima membalas pesan siaran tersebut, pesan balasannya juga akan muncul sebagai pesan pribadi dan tidak akan dikirim ke penerima lain yang masuk ke dalam Broadcast List.

Cara Mengedit Broadcast List di Aplikasi Pesan WhatsApp Android

Menariknya, meskipun broadcast list atau daftar siaran dibuat sejak pertama kali akan membuat pesan baru dengan fitur broadcast, tetapi kita masih bisa mengeditnya dengan mudah.

Dalam hal ini, kita hanya perlu masuk ke broadcast list yang akan diubah, lalu mengetuk bar di bagian atas halaman pesan. Selanjutnya, kita bisa mengedit daftar sesuai dengan keinginan kita.

Kita bisa menambahkan orang ke dalam daftar tersebut dengan mengetuk ikon plus orang di pojok kanan atas, mengedit nama broadcast list dengan mengetuk ikon pena, atau mengetuk Delete broadcast List untuk menghapusnya.

Atau jika ingin menghapus salah satu orang dari daftar penerima, kita bisa mengetuk akun WhatsApp dari pengguna tersebut di halaman ini, kemudian memilih opsi Remove from broadcast list.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar