ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik

Cara Share Lokasi di Whatsapp yang Bisa Dilakukan dengan Cepat

Cara Share Lokasi di Whatsapp Header

Gadgetren – Pada saat awal kemunculannya di dunia, popularitas WhatsApp secara perlahan menyaingi BlackBerry Messenger (BBM) di dunia termasuk Indonesia.

Sementara pada tahun 2019 ini, layanan BBM secara resmi telah ditutup oleh EMTEK karena mengalami kerugian. Namun justru pengguna aktif WhatsApp semakin banyak hingga melebihi 1 miliar.

Tentu saja ini membuat WhatsApp memiliki jumlah pengguna yang lebih banyak lagi. Apalagi WhatsApp sendiri cepat dalam melakukan chat antar penggunanya dan mempunyai beberapa fitur menarik, seperti Video Call dan Call.

Sejak diakuisisi oleh Facebook, Whatsapp sendiri mengalami perkembangan yang menarik dalam hal teknologi dan fitur. Bayangkan saja, kini penggunanya sudah dapat membagikan atau share lokasi langsung di aplikasi WhatsApp.

Menariknya lagi, terdapat dua jenis lokasi yang dapat dibagikan di WhatsApp yang terdiri dari Live dan Statis. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran mengenai cara membagikan atau share lokasi di WhatsApp maka dapat melihat tutorial berikut ini.

Cara Share Lokasi secara Live

  1. Pertama, Gadgeter dapat membuka aplikasi WhatsApp di smartphone
  2. Selanjutnya, Gadgeter dapat mencari dan melakukan chat dengan pengguna lainnya
  3. Setelah masuk ke halaman chat maka Gadgeter dapat menekan tombol Attachment berlambang Paper Clip di bagian bawah
  4. Selanjutnya, akan muncul menu lainnya dan dapat langsung memilih menu Location berlambang Peta
  5. Kemudian, Gadgeter akan diarahkan ke halaman b di WhatsApp
  6. Gadgeter dapat langsung memilih menu Share Live Location
  7. Setelah dipilih, Gadgeter dapat memilih durasi untuk memunculkan lokasi secara Live, mulai dari 15 menit, 1 jam, dan 8 jam (pemilihan waktunya sendiri tergantung keinginan Gadgeter)
  8. Tepat di bawah pemilihan durasi lokasi pun, Gadgeter dapat menambahkan komentar untuk memberikan keterangan tambahan
  9. Setelah durasi dipilih dan komentar diisi, maka Gadgeter dapat memilih tombol Send yang berlambang panah ke arah kanan di dalam lingkaran hijau
  10. Selanjutnya, Live Location tersebut akan disematkan pada halaman chat dengan pengguna lainnya

Whatsapp Live Location

Sebagai catatan, pada saat pengguna lain memilih Live Location ini maka dirinya akan terlihat sedang bergerak di peta oleh pengguna lain sehingga bisa mengetahui secara langsung keberadaanya.

Share Lokasi secara statis

  1. Setelah Gadgeter membuka aplikasi WhatsApp di smartphone, maka dapat langsung melakukan chat dengan pengguna lainnya
  2. Apabila halaman chat telah terbuka maka Gadgeter dapat langsung menekan tombol Attachment yang berlambang Paper Clip di bagian bawah
  3. Kemudian akan muncul banyak menu dan Gadgeter dapat memilih menu Location berlambang peta
  4. Gadgeter akan dihadapkan pada halaman share lokasi di WhatsApp dan dapat memilih Send your current location (tunggu hingga jarak akurasi menjadi dekat)
  5. Terakhir, lokasi statis akan disematkan pada halaman chat antara Gadgeter dengan pengguna lainnya

Whatsapp Static Location

Selain Send your current location, Gadgeter juga sebenarnya bisa menambahkan lokasi peta sesuai dengan nama tempat yang dituju. Nantinya apabila lokasi statis ini dibuka oleh pengguna lain maka secara otomatis akan langsung diarahkan ke aplikasi Google Maps sehingga pengguna lain tersebut dapat mengetahui arah dari titik awal hingga titik lokasi statis yang diberikan Gadgeter.

Tentu saja membagikan atau share lokasi di WhatsApp ini sangat mudah hanya dengan menggunakan beberapa langkah saja. Sementara WhatsApp sendiri menggunakan API dari Google Maps untuk bisa menghadirkan fitur lokasi ini.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar