Smartphone

OPPO A1K vs OPPO A5s – Mana HP OPPO yang Terbaik?

OPPO A1K vs OPPO A5s Header

Gadgetren – Baru-baru ini OPPO secara resmi meluncurkan smartphone kelas menengahnya yang bernama OPPO A1k di Indonesia.

Smartphone buatan OPPO ini langsung menjadi populer karena menggunakan baterai berkapasitas 4.000 mAh yang memiliki daya tahan lama. Sementara harga yang ditawarkan pun hanya mencapai Rp 1 jutaan saja.

Dengan harga semurah ini, sebagian Gadgeter merasa penasaran apakah spesifikasi hardware yang ditawarkan oleh OPPO A1k lebih bagus dibandingkan dengan OPPO A5s. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan perbandingannya maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Tabel Perbedaan OPPO A1k vs OPPO A5s

OPPO A1kOPPO A5s
Chipset MediaTek Helio P22Chipset MediaTek Helio P35
RAM 2 GBRAM 2 GB
Storage internal 32 GB, MicroSDStorage internal 32 GB, MicroSD
Kamera Belakang 8 MPKamera Belakang 13 MP + 2 MP
Kamera Depan 5 MPKamera Depan 8 MP
Baterai 4.000 mAhBaterai 4.230 MAh
Face UnlockFingerprint, Face Unlock
Layar 6,1 inci HD+ IPS, Poni Waterdrop, Corning Gorilla Glass 3Layar 6,2 inci HD+ IPS, Poni Waterdrop, Corning Gorilla Glass 3
ColorOS 6.0 (Android 9 Pie)ColorOS 5.2 (Android 8.1 Oreo)

OPPO A1k vs OPPO A5s

1. Performa

OPPO A5s mempunyai chipset MediaTek Helio P35 Octa-Core 2,3 GHz yang lebih cepat dibandingkan OPPO A1k dengan chipset MediaTek Helio P22 Octa-Core 2 GHz. Kedua chipset tersebut sama-sama menggunakan teknologi proses 12nm. Selain itu, kedua smartphone ini juga ditunjang dengan RAM 2 GB dan storage internal 32 GB.

2. Layar

Kedua produk ini pun sama-sama menggunakan layar sentuh IPS HD+ berdesain penuh dengan poni berbentuk waterdrop di bagian atasnya. Lebar layarnya sendiri hanya berbeda 0,1 inci, dimana OPPO A1k mencapai 6,1 inci dan OPPO A5s mencapai 6,2 inci.

3. Baterai

OPPO A1k mempunyai baterai dengan kapasitas 4.000 mAh yang sedikit lebih kecil dibadingkan dengan OPPO A5s yang hanya mencapai 4.230 mAh. Selain itu, OPPO A5s mempunyai daya tahan baterai yang lama.

4. Kamera

OPPO A1k dibekali dengan kamera belakang 8 MP dan kamera depan 5 MP. Sementara OPPO A5s dilengkapi dengan dua kamera belakang 13 MP + 2 MP dan kamera depan 8 MP. Terlihat kamera OPPO A5s lebih unggul dibandingkan OPPO A1k.

5. Fitur Lainnya

Kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan FM Radio, port microUSB dengan fitur USB On-The-Go, WiFi, Face Unlock, dan Bluetooth. Apabila OPPO A5s dilengkapi dengan sensor fingerprint dan ColorOS 5.2 berbasiskan Android 8.1 Oreo, berbeda dengan OPPO A1k yang dibekali dengan ColorOS 6.0 berbasiskan Android 9.0 Pie.

6. Harga

OPPO A1k dijual resmi di Indonesia dengan harga yang mencapai Rp 1,8 juta. Sedangkan OPPO A5s dibanderol resmi di Indonesia dengan harga Rp 2 juta. Bisa dibilang harga antara OPPO A1k dan OPPO A5s hanya berbeda sedikit.

Kesimpulan

Apabila dilihat dari performa, spesifikasi hardware, daya tahan baterai, kamera depan, kamera belakang, dan fitur maka OPPO A5s dapat diunggulkan. Meskipun harga OPPO A1k lebih murah sedikit, namun spesifikasi hardware dari OPPO A5s lebih menggiurkan.

Tinggalkan Komentar