ASUS Zenbook DUO UX8406
Smartphone

Samsung Galaxy M40 vs Galaxy M30 – Mana yang Terbaik?

Samsung Galaxy M40 dan Galaxy M30 Header

Gadgetren – Pada tahun 2019 ini Samsung secara resmi menghadirkan smartphone keluarga M terbarunya yang memiliki harga terjangkau dengan spesifikasi hardware yang menarik.

Baru-baru ini Samsung telah meluncurkan Galaxy M40 yang mempunyai spesifikasi hardware tinggi dibandingkan smartphone seri M lainnya. Hal ini membuat sebagian Gadgeter merasa penasaran mengenai perbandingan antara Galaxy M40 dan Galaxy M30.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang ingin melihat perbedaan dari kedua smartphone besutan Samsung ini maka dapat melihat informasinya sebagai berikut.

Samsung Galaxy M40 vs Galaxy M30

1. Performa

Samsung Galaxy M40 ini mempunyai chipset Qualcomm Snapdragon 675 Octa-Core yang lebih bertenaga dibandingkan Exynos 7904 Octa-Core milik Galaxy M30. Keduanya sama-sama memiliki RAM 6 GB dan storage internal 128 GB. Namun Galaxy M30 mempunyai varian lain dengan kombinasi RAM 4 GB dan storage internal 64 GB.

2. Baterai

Galaxy M30 ini mempunyai baterai dengan kapasitas 5.000 mAh yang lebih besar dibandingkan dengan Galaxy M40 yang berkapasitas 3.500 mAh. Namun keduanya sama-sama dilengkapi dengan fitur Fast Charging 15W.

3. Layar

Galaxy M40 mempunyai desain layar penuh yang kekinian dengan punch hole di bagian kiri atasnya. Sementara Galaxy M30 menggunakan desain layar penuh dengan poni berbentuk waterdrop di bagian atasnya.

Galaxy M30 menggunakan teknologi Super AMOLED yang lebih baik dibandingkan dengan PLS TFT milik Galaxy M40. Kedua smartphone ini memiliki resolusi layar yang hampir sama mencapai Full HD+ (2340 x 1080 piksel).

4. Kamera

Galaxy M40 telah dilengkapi dengan tiga kamera belakang dengan konfigurasi 32 MP + 8 MP + 5 MP. Sementara Galaxy M30 telah dibekali dengan tiga kamera belakang dengan konfigurasi 13 MP + 5 MP + 5 MP. Keduanya sama-sama menggunakan kamera depan 16 MP.

5. Fitur Lainnya

Kedua perangkat ini telah dibekali dengan port USB Type-C, Dolby Atmos, dukungan dua kartu SIM, jaringan 4G-LTE, sensor fingerprint di bagian belakang, Face Unlock, dan sistem operasi Android 9.0 Pie yang menggunakan tampilan antarmuka OneUI. Menariknya, Galaxy M40 dibekali dengan sensor NFC. Namun Galaxy M40 sama sekali tidak memilikinya.

6. Harga

Samsung Galaxy M30 dijual dengan harga yang mencapai Rp 3 juta untuk varian RAM 4 GB dan Rp 3,56 juta untuk varian RAM 6 GB. Sementara Galaxy M40 dibanderol dengan harga yang mencapai Rp 4 juta untuk varian RAM 6 GB.

Kesimpulan

Apabila dilihat dari performa, kamera belakang, spesifikasi hardware, dan fitur maka Galaxy M40 dapat diunggulkan. Sedangkan Galaxy M30 lebih unggul di sektor teknologi layar, harga, dan daya tahan baterai.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar