Berita

Canggih! Qualcomm dan Lenovo Umumkan Laptop 5G Pertama di Dunia

Laptop Lenovo 5G Feature

Gadgetren – Dalam ajang Computex 2019 di Taiwan, Qualcomm dan Lenovo secara resmi mengumumkan laptop 5G pertama di dunia.

Laptop Lenovo 5G ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8cx berteknologi proses 7nm yang dirancang khusus untuk PC Mobile atau laptop. Menariknya, chipset ini memiliki performa 3,5 kali lipat lebih cepat dibandingkan dengan Snapdragon 835.

Bahkan chipset ini pun mampu mengungguli performa Qualcomm Snapdragon 850 sebanyak 2 kali lipat. Snapdragon 8cx sendiri menggunakan CPU Kryo 495 Octa-core yang mempunyai cache lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya sehingga mampu menjalankan proses multitasking pada laptop dengan cepat dan lancar.

Sementara itu, GPU Adreno 680 generasi baru telah hadir dalam chipset ini memungkinkan laptop Lenovo 5G mampu menjalankan grafis tinggi pada aplikasi maupun game dengan mulus tanpa lag sama sekali.

Laptop ini pun dibekali dengan fitur Quick Charge 4.0 yang memungkinkan pengisian daya baterai dengan super cepat. Sementara teknologi Qualcomm Audio Aqstic pun turut dihadirkan sehingga dapat mendukung kualitas audio Hi-Fi yang jernih.

Laptop 5G Pertama di dunia ini merupakan hasil kolaborasi Qualcomm dengan Lenovo dalam Project Limitless 5G. Sekilas, proyek ini mencakup kolaborasi teknologi yang erat antara Qualcomm dan Lenovo untuk membawa inovasi ke ekosistem PC atau Laptop yang selalu aktif (Always-On) dan selalu terhubung (Always Connected).

Menariknya, chipset 8cx yang hadir dalam laptop 5G ini telah dibekali dengan modem 5G Qualcomm Snapdragon X55 5G yang dipadukan dengan teknologi RF Front-End dari Qualcomm sehingga mampu membawa konektivitas 5G ke dalam bentuk PC atau laptop yang baru dan inovatif.

Dengan kecepatan 5G ini memungkinkan penggunanya mampu mentransfer data, streaming 4K maupun 8K, AR (Augmented Reality) / VR (Virtual Reality), dan refresh rate pada game mobile dengan sangat cepat.

Project Limitless 5G antara Qualcomm dengan Lenovo ini menjadi salah satu contoh Qualcomm dalam menghadirkan terobosan teknologi yang dapat mentransformasi bagaimana dunia terhubung, berkomputasi, dan berkomunikasi dengan cepat.

Qualcomm sendiri mengatakan bahwa laptop Lenovo 5G ini akan hadir pada awal tahun 2020. Menurut Gadgeter, apakah laptop Lenovo 5G ini menarik untuk dimiliki?

Tinggalkan Komentar