Review Smartphone

Seberapa Kencang dan Tahan Lama ASUS ZenFone Max Pro M1? Ini Hasil Uji Cobanya

ASUS ZenFone Max Pro M1

ASUS baru saja merilis ponsel terbaru mereka, ZenFone Max Pro M1. Uniknya, ASUS kali ini fokus dari sisi gaming dan daya tahan baterai untuk ZenFone Max Pro M1.

Biasanya, ponsel ASUS di seri ZenFone Max hanya menyajikan kapasitas baterai yang besar tanpa diiringi dengan performa yang kencang. Ini berbeda di ponsel ZenFone Max Pro M1 yang menyajikan baik performa yang kencang dan juga baterai yang tahan lama.

Untuk menunjang performanya, ZenFone Max Pro M1 menggunakan RAM 3 GB dan chipset Qualcomm Snapdragon 636 dengan CPU Octa-core 1.8 GHz Kryo 260 dan GPU Adreno 509. Sistem operasinya menggunakan Android 8.1 (Oreo) murni tanpa perubahan antar muka dari ASUS.

Ponsel ini dilengkapi dengan layar 6″ beresolusi 1080 x 2160 piksel dan bezel yang tipis agar lebih memuaskan untuk penggunaan multimedia seperti bermain game. Untuk baterainya, terdapat baterai Li-Polymer 5.000 mAh yang sangat besar untuk sebuah ponsel.

Performa

Pengoperasian ponsel terasa gegas baik itu ketika menarik area notifikasi, men-scroll daftar aplikasi, hingga membuka aplikasi. Walaupun besar RAM di ZenFone Max Pro M1 hanya 3 GB, proses berganti-ganti aplikasi masih terasa lancar.

Ketika di-benchmark menggunakan AnTuTu, ZenFone Max Pro M1 menghasilkan skor yang agak luar biasa untuk ponsel kelas menengah, skor yang dihasilkan adalah 114.671. Sebagai perbandingan, ponsel Galaxy S7 Edge yang saya gunakan menghasilkan skor 154.690 di AnTuTu.

Dites di aplikasi Geekbench pun ZenFone Max Pro M1 berhasil menghasilkan skor yang memuaskan.

Skor ZenFone Max Pro M1 di Geekbench

Saya coba menggunakan ponsel ini untuk bermain 4 game yang sedang populer saat ini dan berikut adalah hasilnya:

  • PUBG Mobile – setelan grafis Medium: lancar
  • Mobile Legend – setelan grafis High: lancar
  • Arena of Valor – setelan grafis High: lancar
  • Final Fantasy XV Pocket Edition – setelan grafis Medium: lancar (agak kurang lancar di area tertentu)

Untuk melihat lebih detail seberapa kencang performa ZenFone Max Pro M1, simak video permainan singkat Final Fantasy XV Pocket Edition dengan setelan grafis Medium di ponsel ini:

Daya Tahan Baterai

Yang agak saya rindukan dari ponsel ZenFone Max sebelumnya adalah adanya aplikasi PowerMaster dari ASUS untuk manajemen baterai ponsel dengan mudah dan cepat. Aplikasi tersebut kini tidak ada karena ZenFone Max Pro M1 menggunakan Android murni.

Di ZenFone Max Pro M1 sebetulnya tetap ada manajemen baterainya namun menggunakan manajemen bawaan dari Android yang menurut saya tidak secanggih dan seluwes PowerMaster dari ASUS.

Lalu bagaimana daya tahan baterai ponsel ini ketika menggunakan Android murni? Hasilnya menurut saya memuaskan. Berikut adalah hasil pengetesan yang sudah dilakukan dengan tingkat pencahayaan layar ponsel sebesar 50% dan fitur Adaptive Brightness diaktifkan.

Pengetesan Pertama

Daya baterai 100%: pukul 8:26 hari ke-1.
Penggunaan: Berjejaring sosial, nonton video di YouTube, instal aplikasi, pembaruan sistem operasi, dan sedikit bermain game.
Daya baterai 15%: pukul 7:29 hari ke-2.
Screen on time: 6 jam 59 menit

ZenFone Max Pro M1 - Baterai - Percobaan 1

Pengetesan kedua

Daya baterai 100%: pukul 10:07 hari ke-1
Penggunaan: Bermain game dan berjejaring sosial
Daya baterai 15%: pukul 16:57 hari ke-2
Screen on time: 5 jam 41 menit

ZenFone Max Pro M1 - Baterai - Percobaan 2

Untuk lama proses pengecasan baterai, ZenFone Max Pro M1 membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk mengisi daya baterai dari 15% hingga ke 100% menggunakan charger bawaan ponsel.

Dikarenakan tidak adanya fitur fast charging dan kapasitas baterai ponsel yang besar, maka membutuhkan waktu  yang agak lama untuk pengecasan penuh. Untungnya ponsel ini baterainya tahan lebih dari satu hari untuk penggunaan sehari-hari.

Leave a Comment