ASUS Zenbook DUO UX8406
Aplikasi

Aplikasi Files Go – Apa Itu dan Apa Fungsinya?

Aplikasi Files Go Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Sejalan dengan pengembangan Android Go, Google juga meluncurkan beberapa aplikasi ringan untuk membuat perangkat dengan spesifikasi rendah bekerja dengan lebih maksimal.

Salah satunya adalah aplikasi yang diumumkannya pada bulan Desember 2017 lalu, yakni Files Go. Aplikasi pengelola berkas data ini memiliki fitur lebih yang bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja dari perangkat.

Aplikasi buatan Google ini dapat cukup membantu sebagian masyarakat yang menggunakan perangkat menengah ke bawah, yang biasanya memiliki ruang penyimpanan dan RAM yang terbatas.

Hal ini karena selain memiliki fitur untuk mengelola data di dalam perangkat, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur untuk membersihkan data-data yang tidak terpakai maupun data-data sampah.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk mengirim atau menerima berkas data dari perangkat lain melalui jaringan nirkabel perangkat, sehingga pengguna dapat lebih menghemat kuota internetnya.

Berbeda dengan saat membuka aplikasi pengelola data lain, pengguna akan menjumpai tiga tab yang memiliki fungsi berbeda pada aplikasi ini. Tab tersebut adalah Clean, Browse, dan Share.

Aplikasi Files Go

Tab Clean berisi fitur pembersih data, yang bisa digunakan untuk menghapus data secara langsung. Pada tab ini, pengguna akan menjumpai berbagai macam jenis data yang direkomendasikan untuk dihapus.

Jenis-jenis data ini termasuk di antaranya adalah data ganda, cache, meme, dan lain sebagainya. Pada masing-masing jenis data, pengguna bisa menekan tombol Select and free up untuk menghapusnya.

Pada tab Browse, pengguna baru akan menjumpai fitur pengelolaan data seperti aplikasi pada umumnya. Pengguna dalam tab ini bisa mengelola data berdasarkan jenis data, folder, memori yang digunakan, dan lain sebagainya.

Sementara pada tab Share, pengguna akan menjumpai fitur untuk berbagi berkas data. Dalam tab ini, pengguna dapat mengetuk tombol Send untuk mengirim data atau tombol Receive untuk menerima data.

Karena beberapa fitur ini, aplikasi ini cukup populer di Indonesia. Berdasarkan data internal Google, aplikasi tersebut sudah banyak digunakan oleh masyarakat hanya selang beberapa bulan saja. Bahkan dalam catatannya, aplikasi ini sudah memiliki pengguna aktif hingga 7 juta orang.

Aplikasi ini sendiri sekarang sudah memakai nama yang berbeda. Sejak Tahun 2018 lalu, Google menghilangkan embel-embel Go yang ada di belakang namanya. Oleh karena itu, sekarang aplikasi ini bisa dijumpai di Google Play Store dengan nama Files by Google.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar