Tips dan Trik

2 Cara Screenshot OPPO A5s yang Bisa Kamu Lakukan

Cara Screenshot OPPO A5s Heeader

Gadgetren – OPPO A5s merupakan salah satu smartphone entry-level OPPO yang populer di Indonesia saat ini berkat harga yang terjangkau.

OPPO A5s mempunyai layar 6,2 inci dengan resolusi HD+ (1520 x 720 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 19:9 yang memenuhi bagian depan lengkap dengan poni berbentuk waterdrop di bagian atasnya.

Dengan layar menarik tersebut, beberapa pengguna ada yang belum mengetahui bagaimana menangkap layar agar konten bisa disimpan ke galeri. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan caranya maka dapat menggunakan tutorial berikut ini.

Cara Screenshot Untuk OPPO A5s

Menggunakan Tombol Fisik

  1. Pertama, Gadgeter dapat mencari area yang akan di-screenshot di OPPO A5s
  2. Setelah area ditentukan, maka Gadgeter dapat langsung menekan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan dalam beberapa detik
  3. Nantinya suara shutter akan terdengar dan layar berkedip yang menandakan bahwa screenshot berhasil diambil
  4. Hasil screenshot ini dapat dilihat di menu notifikasi atau aplikasi Gallery

Menurut saya, cara screenshot menggunakan kombinasi tombol ini merupakan yang paling praktis karena tidak perlu melakukan pengaturan terlebih dahulu. Selain itu, smartphone Android rata-rata bisa menggunakan kombinasi ini.

Biasanya tombol volume dan power ini posisinya dibuat berdekatan untuk memudahkan kombinasi untuk screenshot. Selain itu, hasil screenshot yang diambil pun bisa dilihat dan langsung diedit di aplikasi Gallery dengan mudah.

Menggunakan 3 Jari

  1. Pertama, Gadgeter dapat mengunjungi aplikasi atau menu Settings di OPPO A5s
  2. Selanjutnya, Gadgeter masuk ke menu Smart & Convenient di halaman Settings
  3. Pada halaman Smart & Convenient, Gadgeter dapat masuk ke Gesture & Motion
  4. Kemudian, Gadgeter dapat mengaktifkan 3-Finger Screenshot
  5. Setelah fitur ini aktif, maka Gadgeter dapat langsung memilih area yang akan di-screenshot
  6. Setelah dipilih, Gadgeter dapat langsung merapatkan 3 jari dan mengusap atau swipe dari bagian atas ke bawah layar
  7. Setelah layar berkedip dan suara shutter terdengar maka screenshot telah berhasil diambil
  8. Gadgeter dapat langsung melihat hasil screenshot di aplikasi Gallery atau menu notifikasi

Menurut saya, cara screenshot menggunakan 3 jari ini sangat cepat dibandingkan kombinasi tombol fisik. Namun pengguna OPPO A5s harus melakukan pengaturan terlebih dahulu agar fitur yang satu ini dapat berjalan.

Tentu saja kedua cara screenshot ini praktis dan memudahkan penggunakan OPPO A5s. Namun berdasarkan pendapat pribadi, screenshot 3 jari dapat lebih cepat dilakukan dibandingkan menggunakan tombol fisik.

Menurut Gadgeter, cara screenshot manakah yang lebih nyaman? Selain itu, bagi Gadgeter yang memiliki informasi mengenai cara screenshot yang lain di OPPO A5s maka dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah.