ASUS Zenbook DUO UX8406
Aplikasi

Apple Music vs Spotify – Layanan Streaming Musik Mana yang Terbaik?

Apple Music vs Spotify BaruHeader

Gadgetren – Secara umum, Apple Music dan Spotify merupakan dua pemain besar dalam industri musik saat ini. Keduanya sama-sama populer, dan memiliki basis pengguna yang sangat besar.

Spotify dalam catatannya telah digunakan oleh lebih dari 75 juta pelanggan premium, dengan pengguna aktif mencapai angka 170 juta pengguna. Sementara pesaingnya, Apple Music sudah digunakan oleh lebih dari 45 juta pelanggan.

Tidak bisa dipungkiri memang, kedua layanan streaming musik ini sama-sama menawarkan layanan yang sangat baik. Namun pastinya, di antara kita pasti banyak yang bertanya, mana yang terbaik?

Biaya Dan Langganan

Sama-sama menawarkan uji coba gratis selama sebulan (30 hari), Apple Music dan Spotify memiliki harga langganan bulanan yang relatif setara untuk setiap paket langganan yang ditawarkan, baik itu pelajar, perorangan, ataupun keluarga.

PaketĀ Biaya App MusicBiaya Spotify
PelajarRp 29 ribuRp 25 ribu
PeroranganRp 49 ribuRp 50 ribu
KeluargaRp 75 ribuRp 79 ribu

Hanya saja, Spotify lebih unggul karena memiliki layanan gratis meski dengan gangguan iklan dan fitur yang dibatasi. Selain itu, layanan musik asal Swedia ini juga unggul karena menawarkan paket bundling dengan Hulu dalam salah satu layanannya.

Kualitas Audio

Apple Music vs Spotify Kualitas

Secara umum, Apple Music dan Spotify menawarkan suara yang terdengar hampir sama, kecuali kamu seorang audiophile. Namun sesungguhnya, keduanya menawarkan format audio dan bitrate yang sangat jauh berbeda.

Apple Music menggunakan format AAC (Advanced Audio Coding) yang berjalan dengan bitrate sebesar 256 kbps. Sementara Spotify menggunakan format Ogg Vorbis yang berjalan di tiga bitrate berbeda (96 kbps, 160 kbps dan 320 kbps).

Namun, tidak ada yang lebih unggul dalam hal ini. Bahkan jika kamu mencari layanan dengan kualitas audio tinggi, kami menyarankan untuk mencari layanan streaming lain yang tidak melakukan kompresi audio, seperti Tidal salah satunya.

Konten

Apple Music memiliki dukungan lagu yang lebih banyak dalam urusan ini. Layanan streaming ini memiliki dukungan pustaka hingga 50 juta lagu, saat Spotify masih mendukung hingga 40 juta lagu.

Apple Music vs Spotify Konten

Walaupun demikian, baik Apple Music maupun Spotify, senantiasa menawarkan peningkatan jumlah lagu dalam pustakanya dari waktu ke waktu. Termasuk di antaranya, dalam menghadirkan akses awal dari album tertentu dan video musik.

Antarmuka Aplikasi

Meskipun menawarkan antarmuka yang berbeda, Apple Music dan Spotify sama-sama dapat digunakan dengan sangat mudah. Keduanya memiliki navigasi dengan tampilan menu sederhana di aplikasinya.

Apple Music vs Spotify Antarmuka

Keduanya juga sama-sama bisa diandalkan untuk menjangkau lebih banyak musik baru berdasarkan preferensi pengguna. Baik Discover Weekly dan Release Radar di Spotify maupun New Music Mix di Apple Music, sama baiknya dalam hal ini.

Namun secara teknis, algoritma Spotify dalam memberikan rekomendasi musik baru berdasarkan kebiasaan adalah yang terbaik. Walaupun sebenarnya, kurasi para ahli dari Apple Music tak kalah menarik.

Fitur

Apple Music dan Spotify memiliki dukungan media sosial yang sama bagusnya. Keduanya dapat digunakan untuk saling berbagi, menambahkan teman, mengikuti artis dan lain sebagainya.

Apple Music vs Spotify Fitur

Namun di sisi lain, Apple Music memiliki dukungan cloud sharing yang lebih baik. Saat berhasil menambahkan musik ke pustaka iTunes, pengguna bisa mengaksesnya dari perangkat apapun.

Sementara itu, Spotify tidak bisa melakukannya. Meski bisa mengakses lagu yang tersimpan secara lokal di suatu perangkat, tetapi lagu tersebut tidak akan bisa diakses dari perangkat lain.

Dukungan Perangkat Keras

Meskipun di ekosistem Apple, Apple Music memiliki dukungan hardware yang cukup banyak, Spotify memiliki dukungan perangkat keras yang lebih luas. Selain komputer dan smartphone, Spotify sudah menjangkau PlayStation dan Xbox One.

Kesimpulan

Saat yang kamu cari merupakan layanan gratis, mungkin kamu tidak akan bingung untuk menentukannya. Namun, jika yang kamu pilih merupakan layanan berbayar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Baik Apple Music maupun Spotify menawarkan beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang keduanya bisa menjadi yang terbaik, jika disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi penggunanya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar