ASUS TUF Gaming FX507
Berita Laptop / PC

Hands-On ASUS VivoBook Flip TP412 – Laptop Kece Untuk Para Ilustrator

ASUS VivoBook Flip TP412 Header

Gadgetren – Buat kamu para pecinta laptop konvertibel, ASUS kini menawarkan perangkat terbaru mereka bernama VivoBook Flip TP412.

Laptop penerus seri TP410 ini dihadirkan untuk menunjang kegiatan kreatif seperti menggambar digital karena sudah mendukung stylus ASUS Pen sebagai alat input yang lebih natural dibandingkan touchpad.

Agar para kreator lebih nyaman menggunakannya, VivoBook Flip TP412 hadir dengan desain layar yang dapat diputar 360 derajat sehingga dapat digunakan dalam mode tablet atau laptop konvensional sesuai kebutuhan. Dengan begitu laptop ini menjadi lebih fleksibel untuk digunakan dalam berbagai kondisi.

Saya pribadi cukup menyukai desain yang ASUS hadirkan pada VivoBook Flip TP412 karena terasa sangat solid dan kokoh layaknya perangkat kelas atas walaupun bahan pembuatannya secara keseluruhan masih dari plastik. Ditambah lagi, bodinya yang tipis dengan ketebalan hanya 17,5mm membuat laptop ini terlihat lebih keren.

ASUS VivoBook Flip TP412 Desain

Rasanya ASUS juga mulai meningkatkan kualitas keyboard mereka karena pada laptop ini terasa lebih nyaman dibandingkan beberapa lini VivoBook keluaran tahun lalu.

Layar dari VivoBook Flip TP412 sendiri memiliki bentang 14 inci dengan desain NanoEdge andalan ASUS yang membuat bezelnya lebih tipis. Hanya saja saya sedikit menyayangkan posisi kamera yang berada di bawah layar dibandingkan biasanya yang berada di bagian atas.

Layar tersebut memiliki resolusi layar Full HD 1080p dengan sudut pandang hingga 178 derajat serta dukungan multitouch 10 titik agar bisa memanfaatkan teknologi Windows Ink secara maksimal karena bisa mendeteksi tingkat tekanan dari ASUS Pen yang telah disediakan dalam paket penjualan.

Menulis maupun sekedar corat-coret menggunakan stylus buatan ASUS ini terbilang menyenangkan berkat tingkat respon yang baik sehingga tidak banyak delay terjadi. Pastinya ini membuat pengalaman menggunakan stylus terasa lebih natural layaknya menulis di atas kertas.

ASUS VivoBook Flip TP412 Pen

Soal performa, penggunanya tidak perlu khawatir karena VivoBook Flip TP412 hadir dengan prosesor Intel Core generasi ke-8 mulai dari Core i3-8130U hingga Core i7-8550U. Untuk lebih mengoptimalkan performanya, ASUS menyematkan RAM DDR4 serta penyimpanan M.2 SATA SSD yang lebih kencang dibandingkan laptop yang masih menggunakan HDD dan RAM DDR3.

Menariknya, VivoBook Flip TP412 sudah menghadirkan port USB-C yang kini mulai banyak digunakan diberbagai perangkat khususnya smartphone. Selain itu, laptop ini juga sudah mendukung jaringan dual band baik itu frekuensi 5GHz atau 2,4GHz sehingga pengguna mendapatkan konektivitas terbaik.

Tertarik untuk membelinya? ASUS VivoBook Flip TP412 ini tersedia di Indonesia dalam tiga varian, yakni:

  • Rp8.599.000 (Intel Core i3-8130U, RAM 4GB DDR4, 256GB SATA3 M.2 SSD)
  • Rp10.099.000 (Intel Core i5-8250U, RAM 4GB DDR4, 256GB SATA3 M.2 SSD)
  • Rp14.299.000 (Intel Core i7-8550U, 512GB RAM 8GB DDR4, SATA3 M.2 SSD)

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar