Tips dan Trik

Cara Mengunci Jaringan 4G di Smartphone Vivo Biar Sinyal Lebih Stabil

Cara Mengunci Jaringan 4G Vivo Header

Gadgetren – Di masa sekarang, jaringan internet sudah menjadi sebuah kebutuhan yang sangat penting bagi sebagian orang. Tidak hanya menyangkut ketersediaannya, tetapi juga menyangkut kestabilannya.

Tidak bisa dipungkiri, berbagai macam aplikasi online yang saat ini diganderungi oleh sebagian orang, terutama game multiplayer, sangat haus akan jaringan internet. Agar bisa menggunakannya, pengguna bahkan perlu menyiapkan jaringan internet yang kuat dan stabil.

Apabila hal ini tidak terpenuhi, layanan dari aplikasi tersebut akan berjalan secara tidak lancar atau bahkan akan sangat mengganggu. Dan kalau itu adalah permainan multiplayer, bisa jadi pengguna bisa kalah akibat hal tersebut.

Bagi pengguna smartphone, hal ini biasanya bisa diatasi dengan mengunci jaringan ke salah satu tipe terkuatnya. Dengan mengunci ke salah satu tipe jaringan, tidak akan terjadi pergolakan sinyal akibat jaringan yang meloncat-loncat dari satu tipe ke tipe yang lain.

Misalnya, pada daerah yang kualitas jaringan 4G-nya tidak stabil, saat sedang mengakses internet, jaringan akan melompat dari 4G ke 3G atau tipe jaringan lain, saat sinyal 4G hanya tertangkap sedikit.

Hal ini tentunya akan berakibat pada perubahan kecepatan jaringan internet karena batas kecepatan masing-masing tipe jaringan sangat berbeda. Contohnya, 4G LTE bisa menyentuh kecepatan hingga 1 Gbps sedang 3G hanya bisa mencapai 672 Mbps.

Pada beberapa smartphone 4G, pengguna hanya perlu mengakses menu *#*#4636#*#* untuk mengunci jaringan. Masalahnya, pada beberapa smartphone 4G keluaran Vivo, seperti Vivo Y91, Vivo V9, Vivo V11, atau Vivo V15 yang baru saja keluar, hal tersebut cukup berbeda.

Cara Mengunci Jaringan 4G di Smartphone Vivo

  1. Sama seperti mengunci jaringan 4G di smartphone lain, pengguna hanya perlu membuka dialpad (papan tombol panggilan)
  2. Bedanya, kode rahasia yang harus diketikan adalah *#*#4838#*#*
  3. Selanjutnya akan muncul halaman Menguji
  4. Dari halaman tersebut kemudian pilih opsi Informasi telepon
  5. Jika sudah masuk ke halaman Informasi telepon, gulir ke bawah dan ubah bagian Setel jaringan yang disukai ke LTE Only

Selain menggunakan cara di atas, pengguna juga dapat menginstal aplikasi khusus untuk mengunci jaringan dari pihak ketiga, seperti Force LTE Only atau 4G LTE Switch dari Google Play Store.

Dengan menggunakan beberapa cara di atas, pengguna smartphone 4G Vivo bisa memperoleh sinyal yang lebih stabil, sehingga bisa mengakses layanan atau game kesayangannya dengan puas.

Tinggalkan Komentar