Berita Smartphone

Samsung Rilis Galaxy S10 5G dengan 6 Kamera dan RAM 8GB

Galaxy S10 5G Feature

Tahun 2019 ini sudah masuk ke era awal dari jaringan 5G. Untuk itulah Samsung meluncurkan Galaxy S10 5G berbarengan dengan smartphone keluarga Galaxy S10 lainnya di San Francisco, Amerika Serikat kemarin.

Dibandingkan keluarga Galaxy S10 lainnya, ternyata smartphone yang satu ini memiliki layar paling besar dengan lebar mencapai 6,7 inci. Selain itu, layarnya mempunyai resolusi Quad HD+ (3040 x 1440 pisek), berteknologi Dynamic AMOLED, dan dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 6.

Dengan aspek rasio 19:9, layarnya memenuhi bagian depan tanpa hadirnya poni melainkan sebuah tompel dengan dua kamera depan. Tentu saja hal ini mengurangi bezel bagian atasnya menjadi lebih tipis dibandingkan generasi sebelumnya.

Sekilas, dua kamera depannya memiliki kombinasi kamera primer 10 MP + kamera sekunder 3D ToF (Time of Flight) yang dapat menghasilkan foto selfie atau wefie dengan kualitas yang bagus. Kamera depan primernya juga mampu merekam video hingga resolusi 4K.

Selanjutnya, empat kamera belakang yang hadir pada Galaxy S10 5G ini memiliki kombinasi kamera primer 12 MP (apertur f/1.5 dan f/2.4) + kamera sekunder 12 MP berlensa telephoto (apertur f/2.4) + kamera primer 16 MP berlensa ultrawide (apertur f/2.2) + kamera 3D ToF, OIS, Dual Pixel PDAF, dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan bagus.

Kamera utama dari Galaxy S10 5G ini mampu merekam video 4K, menghasilkan foto bokeh (background blur) dengan rapi, area yang luas berkat lensa ultrawide, dan jarak jauh hingga 2x optical zoom berkat lensa telephoto.

Pihak Samsung mengatakan bahwa kamera 3D ToF yang hadir pada bagian depan dan belakangnya memiliki fungsi untuk merekam video Live Focus (background berefek blur) dan mengambil gambar 3D.

Meskipun ukurannya besar, namun Samsung Galaxy S10 5G ini telah dibekali dengan baterai berkapasitas jumbo 4500 mAh yang diklaim mampu bertahan lama dalam pemakaian normal. Untuk pengisian daya baterai bisa dibilang cepat berkat hadirnya Super Fast Charging 25W dan Fast Wireless Charging 2.0.

Perangkat buatan Samsung ini juga dibekali dengan fitur Wireless PowerShare yang memungkinkan Galaxy S10 5G menjadi powerbank bagi smartphone lain. Sebagai catatan, smartphone yang bisa dicas oleh smartphone ini harus mendukung juga teknologi Wireless Charging.

Mengikuti tren smartphone flagship saat ini, Galaxy S10 5G ini telah dibekali dengan sensor ultrasonic fingerprint di dalam layar yang mampu mendeteksi sidik jari secara 3 dimensi sehingga lebih akurat dibandingken dengan sensor biasa.

Dapur pacu smartphone ini dipercayakan pada chipset Exynos 9820 Octa-core 2,7 GHz atau Qualcomm Snapdragon 855 Octa-core 2,8 GHz yang penggunaannya tergantung dari kebijakan Samsung di setiap negara.

Untuk melengkapi chipset tersebut, Galaxy S10 5G juga telah dibekali dengan RAM 8 GB dan storage internal 256 GB yang tidak dapat ditambahkan microSD. Dengan konfigurasi ini membuat smartphone menjadi sangat cepat dalam menjalankan sistem operasi, aplikasi, maupun game.

Seperti biasanya, sertifikat IP68 pun sudah dimiliki oleh Galaxy S10 5G yang membuktikan bahwa telah tahan terhadap debu dan air hingga kedalaman 1,5 meter dengan waktu maksimal yang mencapai 30 menit.

Smartphone ini pun telah dibekali dengan speaker stereo Dolby Atmos, fitur Samsung DeX, jaringan 4G-LTE, NFC, dan sistem operasi Android 9 Pie dengan tampilan antarmuka One UI. Sayangnya harga Galaxy S10 5G belum terungkap namun kabarnya akan diluncurkan secara resmi pada musim semi nanti.

[Sumber : GSMArena]

Tinggalkan Komentar