Tips dan Trik

Beragam Cara Repost di Instagram yang Wajib Kamu Tahu Jika Kamu Pemburu Giveaway

Cara-cara Repost Instagram Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

GadgetrenInstagram sudah menjadi salah satu media untuk mengadakan ajang giveaway bagi banyak pengguna. Dan sebagai salah satu syaratnya, biasanya mewajibkan kita untuk me-repost pengumumannya.

Padahal, jika ditinjau dari segi teknisnya, syarat tersebut merupakan hal yang cukup mudah untuk dilakukan. Yang mana, me-repost berarti kita hanya perlu mengunggah ulang postingan ke akun pribadi.

Namun meski cukup mudah dilakukan, masih ada beberapa pengguna Instagram yang awam untuk melakukan hal ini. Untuk itu, supaya kamu tidak ketinggalan ajang giveaway yang akan diikuti, berikut beberapa cara melakukan repost di Instagram.

Cara Repost Foto Atau Video di Feed Instagram

Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Cara-cara Repost Instagram - Aplikasi Pihak Ketiga

Langkah paling mudah untuk me-repost video atau foto dari feed adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti aplikasi Repost for Instagram, yang bisa diunduh melalui Google Play Store atau App Store.

Khususnya untuk aplikasi ini, kita hanya perlu menyalin URL dari konten di aplikasi Instagram yang akan di-repost dengan mengetuk ikon titik tiga dan memilih Copy Link.

Selanjutnya, kita bisa membuka aplikasi Repost for Instagram, lalu memilih URL yang telah disalin sebelumnya. Dari halaman yang ditampilkan selanjutnya, kita tinggal menekan tombol Repost.

Gunakan Fitur Screenshot (Khusus Foto)

Selain bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga, kita juga bisa menggunakan fitur screenshot bawaan dari perangkat smartphone yang digunakan. Tentu saja, dalam hal ini masing-masing perangkat punya metode sendiri.

Setelah berhasil melakukan screenshot, kita selanjutnya bisa melakukan cropping untuk memotong hasil screenshot sesuai dengan konten sebenarnya, lalu kemudian mengunggahnya seperti mengunggah foto biasa.

Unduh Lalu Upload Lagi

Cara-cara Repost Instagram - Download Feed

Bagi yang meragukan keamanan aplikasi pihak ketiga, kita bisa melakukan cara repost manual, dengan mengunduh konten dan mengunggahnya kembali seperti konten biasanya.

Untuk mengunduh konten Instagram, kita bisa menggunakan bantuan dari website https://downloadgram.com. Setelah berhasil menyalin URL seperti cara yang dijelaskan sebelumnya, kita tinggal paste URL tersebut ke kolom yang disediakan dan menekan tombol Download.

Tunggu proses pengambilan datanya hingga selesai. Jika berhasil mengambil data, akan muncul tombol Download Image di halaman downloadgram. Tekan tombol tersebut untuk mengunduh kontennya.

Cara Repost Story di Instagram

Repost Story yang Menandai Kita

Cara-cara Repost Instagram - Repost Instagram Story

Beberapa waktu lalu, Instagram meluncurkan fitur yang dapat mempermudah kita untuk membagikan ulang Story yang menandai kita, yang mana bisa digunakan dengan menekan Mentioned you in a story, Add This to Your Story pada Direct Message.

Repost Feed Teman Ke Story

Cara-cara Repost Instagram - Feed to Story

Dari feed yang akan dibagikan ulang, tekan tombol kirim (ikon pesawat kertas). Opsi pengiriman yang muncul, kita hanya perlu memilih Add Post to Your Story. Selanjutnya, kita bisa mengunggahnya seperti Story biasanya.

Meskipun cukup mudah dilakukan, beberapa cara repost Instagram di atas hanya bisa digunakan pada akun publik alias akun yang tidak mengunci profilnya. Jika digunakan pada akun private, biasanya kita tidak bisa menemukan opsi repost-nya.

Tinggalkan Komentar