Tips dan Trik

Apakah Kartu Smartfren Bisa Dipakai di HP OPPO?

Apa Kartu Smartfren Bisa Dipakai di HP OPPO Header

Gadgetren – Smartfren telah memiliki layanan yang berjalan di jaringan 4G-LTE sejak tahun 2015 silam. Namun sayangnya, tidak semua smartphone dapat menggunakan jaringan tersebut untuk beroperasi.

Perusahaan yang dulunya konsen di jaringan CDMA ini, sejak pertama kali, memang menggunakan bentang pita frekuensi yang berbeda dengan operator GSM pada umumnya untuk jaringan 4G-LTE miliknya, yakni di band 850 MHz dan 2.300 MHz.

Padahal secara umum, perangkat smartphone yang beredar di Indonesia berjalan di band 800 MHz, 900 MHz, 1.800 MHz dan 2.100 MHz, mengikuti pita frekuensi yang digunakan oleh kebanyakan operator seluler di Indonesia.

Karena hal inilah, banyak pengguna smartphone yang bertanya-tanya apakah perangkatnya mendukung jaringan 4G-LTE Smartfren atau tidak. Dan dalam hal ini, termasuk juga para pengguna perangkat OPPO.

Apa Kartu 4G-LTE Smartfren Bisa Dipakai di Perangkat OPPO?

Layanan 4G-LTE Smartfren sebenarnya bisa digunakan oleh para pengguna perangkat OPPO, namun tentu saja tidak semuanya. Hal ini terkait dengan spesifikasi modem yang dimiliki oleh masing-masing perangkat OPPO tersebut.

Berdasarkan informasi dari Smartfren di halaman situsnya, sampai dengan saat ini, hanya perangkat OPPO A39, A57, A71, A71 (2018), A83, F1 Plus, F3, F3 Plus, F5, F5 Youth, F7, F7 Youth, R7 Plus, dan R7s yang bisa menggunakan layanan 4G LTE Smartfren.

Sebagai catatannya, daftar tersebut bisa saja berkembang, karena Smartfren akan selalu memberikan pembaruan dari waktu ke waktu, mengingat banyak perangkat-perangkat baru yang terus bermunculan.

Cara Menggunakan Kartu 4G LTE Smartfren di Perangkat OPPO

Jika perangkat OPPO yang digunakan termasuk ke dalam daftar perangkat di atas (atau bisa dicek ke halaman resmi Smartfren untuk update terbarunya), maka pengguna dapat memasang kartu Smartfren ke perangkatnya.

Setelah itu, yang perlu dilakukan oleh pengguna selanjutnya adalah mengunci modem perangkat OPPO yang digunakan pada jaringan tunggal 4G Only, karena kartu tidak bisa beroperasi di jaringan 2G maupun 3G.

Jika perangkat sudah bisa dipastikan dapat menangkap jaringan 4G LTE Smartfren, selanjutnya pengguna dapat mengatur Access Point Name (APN), dengan nama dan APN: Smartfren 4G, serta username dan password: smartfren.

Dan bagi pengguna yang ingin memanfaatkan jaringan VoLTE Smartfren, pengguna perlu memasang aplikasi Smart VoLTE yang bisa diunduh melalui Google Play Store ke perangkat OPPO yang digunakannya.

Tinggalkan Komentar