Aplikasi

TCASH Telkomsel Akan Berubah Menjadi LinkAja. Ada Bedanya?

TCASH LinkAja Header

Gadgetren – Sejak tahun 2007 silam, Telkomsel telah meluncurkan layanan uang elektroniknya dengan nama TCASH di Indonsia. Layanan ini sendiri dapat digunakan oleh pengguna Telkomsel maupun non Telkomsel.

Untuk melakukan transaksi pembayarannya pun cukup mudah, dimana penggunanya dapat menggunakan aplikasi TCASH terhadap mercant atau toko yang telah bekerja sama dengan Telkomsel.

Bahkan fitur TCASH TAP yang diperkenalkan pada tahun 2015 sendiri menggunakan teknologi NFC (near-field communication) yang mempermudah penggunanya dalam melakukan pembayaran non-tunai di beragam merchant terkenal, seperti Chatime, KFC, Dunkin Donuts, dan masih banyak lagi.

Namun baru-baru ini Telkomsel secara resmi mengumumkan bahwa TCASH akan berubah menjadi LinkAja pada tanggal 21 Februari 2019 demi menghadirkan layanan keuangan elektronik yang lebih baik dan lengkap bagi masyarakat Indonesia.

Sekilas, LinkAnja merupakan layanan keuangan elektronik hasil dari sinergi layanan keuangan elektronik dari beragam Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dapat memberikan kemudahan maupun kenyamanan bertransaksi penggunanya dalam memenuhi kebutuhan dengan beragam fitur pembayaran.

Beragam fitur pembayaran ini terdiri dari pembelian online, pembayaran tagihan (air, listrik, asuransi, dan lainnya), transaksi di merchant, pembayaran transportasi umum, transfer saldo antara pengguna hingga layanan keuangan lainnya.

Nantinya semua layanan dan fitur milik TCASH akan dapat diakses dan digunakan pada layanan LinkAja. Sementara, fitur baru dari LinkAja akan selalu dikembangkan dan ditingkatkan dengan seiring berjalannya waktu.

Sementara itu, layanan LinkAja akan memberikan banyak promosi dan hadiah (rewards) menarik bagi penggunanya. Bahkan promosi dan hadiah ini bisa dinikmati oleh pelanggan baru LinkAja dan pelanggan TCASH apabila bersedia mengonversikan akun TCASH ke akun LinkAja.

Bagi pengguna TCASH tidak perlu melakukan registrasi ulang ke layanan LinkAja karena penggunanya cukup melakukan update aplikasi TCASH menjadi aplikasi LinkAja di Google Play Store untuk smartphone Android dan Apple App Store untuk iPhone maupun iPad.

Selain itu, pengguna TCASH juga dapat memberikan persetujuan melalui USSD TCASH di *800# apabila ingin langsung menggunakan layanan LinkAja. Akun pengguna TCASH akan dikonversi menjadi akun LinkAja secara otomatis bersamaan dengan update aplikasi TCASH menjadi LinkAja yang tersedia.

Menariknya, saldo pengguna TCASH akan dikonversi secara otomatis menjadi saldo LinkAja dengan nilai yang sama setelah proses update aplikasi beres. Sementara cara transaksi layanan dari LinkAja aja pun tidak berbeda dibandingkan TCASH karena masih tersedia TCASH TAP, QR code (SNAP QR) maupun USSD TCASH *800# untuk melakukan transaksi pembayaran.

Selain itu, terdapat juga fitur pembelian online melalui menu yang hadir di TCASH, transfer saldo antar akun, dan masih banyak lagi. Bahkan transaksi dengan stiker TCASH TAP dan fungsi NFC di berbagai merchant atau toko yang telah bekerja sama dengan TCASH pun akan tetap berfungsi dengan normal.

Untuk itu, Gadgeter dapat langsung melakukan update aplikasi TCASH menjadi LinkAja mulai tanggal 21 Februari 2019 di Google Play Store untuk smartphone Android dan Apple App Store untuk iPhone maupun iPad karena secara resmi layanan TCASH sudah tidak dapat diakses lagi pada tanggal tersebut.

Tinggalkan Komentar