ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Menggunakan TCASH Dari Telkomsel Biar Transaksimu Makin Mudah

Cara Menggunakan TCASH Telkomsel Header

Gadgetren – Tak hanya menyediakan layanan komunikasi, operator raksasa Indonesia, yakni Telkomsel, juga memiliki berbagai macam layanan digital, termasuk di dalamnya adalah layanan TCASH.

Bagi yang belum tahu, TCASH merupakan layanan keuangan digital yang berwujud uang elektronik (e-money) dan bisa digunakan oleh semua orang, baik pelanggan Telkomsel maupun yang bukan pelanggan layanan operator tersebut.

Seperti layanan keuangan lainnya, layanan keuangan digital milik Telkomsel ini juga menawarkan beberapa keunggulan, termasuk dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di merchant atau beberapa layanan lain, membeli pulsa, transfer uang dan keperluan lainnya.

Untuk menggunakan layanan ini pun sangat mudah untuk dilakukan, di mana kamu cukup mengaktifkan akun TCASH terlebih dahulu, kemudian melakukan isi ulang (top up) ke dalam akun yang telah kamu miliki, dan melakukan transaksi yang diinginkan.

Cara Mengaktifkan Akun TCASH

  1. Pertama-tama, kamu dapat mengunduh aplikasi TCASH Walet dari Google Play Store atau App Store sesuai sistem yang kamu gunakan.
  2. Buka aplikasi tersebut, kemudian klik Mulai.
  3. Selanjutnya masukan nomor telepon yang kamu miliki ke dalam kolom yang disediakan dan klik KIRIM KODE.
  4. Jika sudah mendapatkan kode OTP melalui SMS, masukkan kode tersebut ke kolom yang tersedia.
  5. Pada halaman selanjutnya, buat PIN  untuk mengamankan setiap transaksimu.
  6. Kemudian pilih mode TCASH TAP yang akan kamu gunakan.
  7. Dalam hal ini, kamu bisa memilih PHONE NFC jika perangkatmu mendukung fitur NFC atau kamu bisa memilih STICKER TCASH TAP dan memasukkan kode serial sticker (di belakang sticker) ke kolom yang ada.
  8. Jika memilih yang menggunakan sticker, kamu jangan lupa menempelkan stiker tersebut ke perangkat yang kamu gunakan.
  9. Jika perangkat tidak mendukung NFC dan kamu belum punya sticker, kamu bisa mengetuk tombol Lewati di bagian bawah.

Bagi pelanggan Telkomsel, kamu pun dapat langsung mengaktifkan TCASH tanpa perlu mengunduh aplikasi. Kamu hanya perlu mengetikan *800*88*6-digit-PIN# di dialpad melalui nomor telepon yang kamu miliki.

Cara Menggunakan TCASH Untuk Melakukan Pembayaran di Merchant

Cara Menggunakan TCASH Telkomsel - Tap

Terdapat dua cara yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pembayaran di merchant dengan menggunakan TCASH. Cara pertama kamu bisa menggunakan TCASH TAP yang telah kamu aktifkan sebelumnya.

Jika pada saat mengaktifkan TCASH belum menghidupkan fitur ini, kamu bisa masuk ke profil dengan mengetuk foto profil, kemudian masuk ke bagian Pengaturan, dan pilih TCASH TAP. Selanjutnya tinggal memilih mode yang akan kamu gunakan.

Setelah fitur tersebut aktif, kamu bisa melakukan pembayaran dengan mendekatkan perangkat ke mesin EDC  dan memasukkan PIN TCASH di mesin tersebut.

Cara Menggunakan TCASH Telkomsel Snap QR

Selain itu, kamu bisa menggunakan fitur Snap QR, dengan menekan tombol Snap QR di aplikasi TCASH Walet yang terletak di pojok kanan atas halaman utama, kemudian scan QR yang ditunjukkan merchant, lalu masuk nominal pembayaran di aplikasi TCASH Walet, dan konfirmasi nama merchant tersebut.

Cara Isi Ulang TCASH

Untuk mengisi ulang saldo TCASH, kamu dapat pergi ke Grapari terdekat di kotamu. Atau kamu dapat transfer melalui ATM, dengan memilih transfer ke rekening lain, dan mengganti nomor rekening tujuan dengan  911 diikuti nomor telepon.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar