ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Huawei Y5 Lite Resmi Dirilis, Smartphone Android Go Murah Cuma Rp 1 Jutaan

Huawei Y5 Lite Header

Setelah meluncurkan Y7 Pro (2019) dan P Smart (2019), ternyata Huawei baru saja merilis smartphone entry-level terbarunya yang bernama Y5 Lite.

Meskipun memiliki spesifikasi hardware yang rendah, namun pihak Huawei menjanjikan performa yang lancar karena Y5 Lite ini telah dilengkapi dengan sistem operasi Android Oreo Go Edition.

Dengan hadirnya sistem operasi ini membuat Huawei Y5 Lite menjadi salah satu smartphone Android Go yang hadir di tahun 2018. Android Oreo Go Edition sendiri merupakan sistem operasi Lite dari Android standar yang telah dioptimalkan untuk bisa berjalan di smartphone dengan spesifikasi hardware rendah, terutama pada perangkat dengan RAM 512 MB atau 1 GB.

Bahkan pihak Google sendiri telah menyediakan beragam aplikasi Lite atau versi Go yang hemat dalam mengonsumsi daya baterai maupun penyimpanan internal dari Huawei Y5 Lite, seperti YouTube Go, Maps Go, Files Go, dan masih banyak lagi.

Dari segi hardware, smartphone ini telah dibekali dengan chipset MediaTek MT6739 Quad-core, RAM 1 GB, dan storage internal 16 GB yang dapat ditambahkan microSD 256 GB. Menurut saya, kapasitas penyimpanan internal tersebut dirasa kurang untuk aplikasi maupun dokumen masa kini sehingga sebaiknya pengguna Huawei Y5 Lite dapat menambahkan microSD dengan kapasitas yang cukup besar.

Sementara baterainya memiliki kapasitas yang cukup besar menapai 3020 mAh. Dengan daya konsumsi hardware yang rendah dan efisiensi dari Android Oreo Go Edition akan membuat daya tahan baterainya menjadi lebih lama.

Selanjutnya, kamera belakang dari Huawei Y5 Lite ini hanya mencapai 8 MP dengan apertur f/2.0 dan LED Flash. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 5 MP dengan aperture f/2.2 yang sudah dapat mengakomodasi foto selfie atau video call.

Huawei Y5 Lite sendiri sudah mengikuti tren saat ini dengan menggunakan layar 5,45 inci yang beresolusi Full HD+ (1440 x 720 piksel) dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depannya. Namun smartphone ini sama sekali tidak memiliki poni sehingga bezel bagian atasnya terasa lebar.

Smartphone ini juga dibekali dengan port microUSB, WiFi, dan Bluetooth. Huawei Y5 Lite sendiri akan dijual di Filipina dan Pakistan dengan harga murah yang mencapai US$104 atau sekitar Rp 1,5 juta.

[Sumber : Gizchina]

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar