Smartphone

Honor 8X vs Huawei Nova 3i. Mana HP Storage 128 GB Terbaik?

Honor 8X Header Indonesia

Gadgetren – Huawei merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi dan infrastruktur jaringan raksasa yang juga sukses mengepakkan saya ke dunia smartphone. Kini Huawei berhasil menduduki peringkat kedua dunia pada Q2 2018 dalam kategori smartphone melibas Apple.

Menariknya lagi, Huawei ini membuat sub-brand bernama Honor dalam dunia smartphone. Berbeda dengan Huawei, Honor sendiri memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Huawei. Namun dengan spesifikasi hardware yang hampir sama.

Kini Honor 8X yang baru saja diluncurkan di Indonesia berhasil menjadi sorotan banyak orang karena mempunyai harga menarik dengan spesifikasi hardware yang bisa dibilang tinggi untuk kelas menengah.

Sebagian orang pun mengatakan bahwa Honor 8X ini memiliki spesifikasi hardware yang hampir setara dengan Nova 3i. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan perbandingan kedua smartphone ini maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Honor 8X vs Huawei Nova 3i

Layar

Pada desain depannya, Honor 8X memiliki poni atau notch yang lebih kecil dibandingkan dengan Huawei Nova 3i. Bahkan keduanya pun memiliki fitur untuk menyembunyikan poni apabila penggunanya tidak menyukai hal tersebut.

Keduanya pun memiliki layar dengan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 19,5:9 yang memenuhi bagian depan. Namun layar Honor 8X mempunyai lebar 6,5 inci dan Huawei Nova 3i memiliki lebar 6,3 inci.

Spesifikasi hardware

Kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan chipset Kirin 710 Octa-core 2,2 GHz berteknologi proses 12nm yang efisien, RAM 4 GB, dan storage internal 128 GB. Slot microSD pun telah tersedia pada kedua produk ini.

Bahkan fitur GPU Turbo pun telah disematkan pada Honor 8X maupun Huawei Nova 3i yang memungkinkan performa GPU meningkat 60% dan konsumsi daya baterai menurun sebesar 30%.

Baterai

Honor 8X mempunyai baterai dengan kapasitas mencapai 3750 mAh dan Huawei Nova 3i memiliki kapasitas 3340 mAh. Dengan performa yang hampir setara, maka Honor 8X memiliki daya tahan baterai yang sedikit lebih lama.

Kamera

Huawei Nova 3i memiliki 4 kamera sekaligus yang terdiri dari 2 kamera belakang 16 MP + 2 MP dan 2 kamera depan 24 MP + 2 MP yang dapat menghasilkan foto bagus. Sementara Honor 8X mempunyai 2 kamera belakang 20 MP + 2 MP dan kamera depan 16 MP yang dapat membuat foto menarik. Bisa dibilang kemampuan kamera Huawei Nova 3i lebih bagus.

Fitur Lainnya

Kedua smartphone ini sama-sama telah dilengkapi dengan port microUSB 2.0, jack audio 3,5mm, sensor fingerprint pada bagian belakang, Face Unlock, dan EMUI 8.2 berbasiskan Android 8.1 Oreo.

Harga

Awalnya Huawei Nova 3i dijual Rp 4,3 juta, namun kini harganya telah mengalami penurunan mencapai Rp 3,7 juta di Indonesia. Sementara Honor 8X dijual dengan harga yang mencapai Rp 4 juta di Indonesia.

Kesimpulan

Bisa dibilang spesifikasi hardware, fitur, performa, dan layar yang ditawarkan oleh smartphone ini setara. Namun Huawei Nova 3i unggul pada, warna Iris Purple, kamera, dan harga yang lebih murah. Sementara Honor 8X unggul pada daya tahan baterainya.

Tinggalkan Komentar