Tips dan Trik

2 Cara Screenshot Xiaomi Mi A2 dengan Cepat dan Mudah

Xiaomi Mi A2 Header Indo

Gadgetren – Beberapa waktu, Xiaomi secara resmi telah meluncurkan smartphone Android One generasi terbarunya yang bernama Mi A2. Selain mengalami peningkatan spesifikasi hardware dibandingkan generasi sebelumnya, Mi A2 juga menghadirkan desain dan kamera yang lebih bagus.

Perangkat yang satu ini memiliki layar 5,99 inci dengan resolusi Full HD+ (2160 x 1080 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depannya. Bisa dibilang teknologi IPS membuat layarnya nyaman untuk dibandingkan.

Meskipun layarnya menarik, namun sebagian pengguna Mi A2 belum mengetahui cara untuk melakukan screenshot pada smartphone yang satu ini. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Kombinasi Tombol Fisik

  1. Pertama, Gadgeter dapat menyalakan Xiaomi Mi A2 terlebih dahulu apabila masih dalam kondisi mati
  2. Setelah menyala dan masuk ke homescreen, maka Gadgeter dapat mencari area untuk di-screenshot
  3. Setelah area screenshot ditentukan maka Gadgeter dapat langsung menekan tombol fisik Volume Bawah dan Power bersamaan dalam beberapa detik
  4. Apabila suara shutter telah terdengar dan layar telah berkedip maka screenshot telah berhasil diambil
  5. Hasil screenshot ini dapat langsung dilihat di menu notifikasi atau aplikasi Gallery

Bisa dibilang cara ini sangat mudah dan dapat dilakukan oleh hampir semua smartphone Android masa kini. Selain itu, tidak akan merepotkan pengguna Mi A2 karena dapat menekan kedua tombol hanya menggunakan satu tangan saja.

Menu di Quick Settings

  1. Pertama, Gadgeter dapat menentukan area yang akan di-screenshot
  2. Selanjutnya, Gadgeter dapat menarik menu Notifikasi dengan menyapu atau swipe jari dari bagian atas ke tengah layar smartphone
  3. Setelah muncul menu Notifikasi maka Gadgeter dapat langsung memiliki ikon screenshot yang terdapat pada Quick Settings
  4. Nantinya suara shutter akan terdengar dan layar berkedip yang menandakan bahwa screenshot berhasil diambil
  5. Gadgeter dapat langsung melihat hasil screenshot di aplikasi Gallery atau menu notifikasi

Bisa dibilang cara ini sedikit merepotkan karena harus membuka kunci smartphone dan mengakses layar terlebih dahulu. Namun cukup berguna apabila tombol volume bawah atau power sudah tidak dapat merespon dengan baik.

Dengan kata lain, Gadgeter dapat menggunakan dua cara untuk screenshot di Xiaomi Mi A2. Sebenarnya keduanya masih bisa diakses dengan layak. Namun menurut saya, cara kombinasi tombol volume bawah dan power bersama merupakan yang paling mudah.

Sekilas, Xiaomi Mi A2 juga telah dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 660, RAM 4 GB, dan storage internal 64 GB yang dapat ditambahkan microSD. Sebagai perangkat Android One generasi terbaru Xiaomi, harganya mencapai Rp 3,7 juta di Indonesia.

Tinggalkan Komentar