ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tekno

Xiaomi Redmi Note 6 Pro VS Xiaomi Mi 8 Lite. Pilih Mana?

Redmi Note 6 Pro VS Mi 8 Lite Indonesia Header

Gadgetren –  Xiaomi baru saja melepaskan dua buah ponsel barunya ke pasaran Indonesia. Dua ponsel baru tersebut adalah Xiaomi Redmi Note 6 Pro dan Xiaomi Mi 8 Lite. Lalu, bedanya apa ya?

Sekilas, kedua perangkat buatan Xiaomi ini merupakan perangkat-perangka yang dijual untuk menyasar pengguna di kelas menengah. Meskipun demikian, kedua perangkat ini dibekali dengan spesifikasi yang sama-sama mumpuni.

Dengan fakta ini, pastinya banyak yang bingung buat memilih salah satu di antaranya. Nah, bagi kamu yang bingung, berikut ini perbedaan antara Xiaomi Redmi Note 6 Pro dan Xiaomi Mi 8 Lite yang wajib kamu tahu.

Desain dan Layar

Kedua ponsel buatan Xiaomi ini menawarkan desain yang sama-sama menawan. Xiaomi Redmi Note 6 Pro hadir dengan bodi logam dengan pilihan warna Black, Blue, Rose Gold, Red, sementara Mi 8 Lite punya bodi mengkilap dengan warna Aurora Blue dan Midnight Black.

Untuk layarnya, kedua perangkat ini juga telah dilengkapi dengan layar berponi dengan bentangan sebesar 6,26 inci, beresolusi Full HD+ (2280 x 1080 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 19:9.

Performa

Di sisi kinerja, Xiaomi Mi 8 Lite secara teknis lebih unggul. Jika Xiaomi Redmi Note 6 Pro disokong dapur pacu Snapdragon 636, Xiaomi Mi 8 Lite telah disokong oleh Snapdragon 660 AIE yang berada satu level di atasnya.

Selain itu, Xiaomi Mi 8 Lite membawa dukungan RAM berkapasitas  4 GB dan memori internal sebesar 64GB, sementara Xiaomi Redmi Note 6 Pro membawa RAM 3 GB untuk memori internal 32 GB dan RAM 4 GB untuk memori internal  64 GB.

Kamera

Kedua perangkat Xiaomi ini dilengkapi dengan kamera utama yang cukup setara, yakni sama-sama membawa kamera ganda dengan resolusi 12 MP + 5MP. Bedanya, Mi 8 Lite membawa dukungan AI yang lebih baik berkat AIE di chipset-nya.

Sementara di sektor kamera depan, Xiaomi Mi 8 Lite menawarkan kamera tunggal dengan resolusi 24 MP yang notabene lebih tinggi jika dibandingkan dengan kamera ganda pada Xiaomi Redmi Note 6 Pro yang hanya memiliki resolusi 20 MP + 5 MP.

Baterai

Xiaomi Redmi Note 6 Pro membawa dukungan baterai yang lebih besar dalam hal ini. Xiaomi Redmi Note 6 Pro telah memiliki baterai sebesar 4.000 mAh, sedangkan Xiaomi Mi 8 Lite hanya memiliki baterai 3.350mAh.

Fitur

Kedua perangkat ini memiliki fitur yang hampir setara, di mana keduanya telah dilengkapi dengan sensor fingerprint, face unlock, hingga dukungan sistem MIUI 9 berbasis Android 8.1 Oreo.

Yang cukup menjadi pembeda, Xiaomi Mi 8 Lite telah membawa dukungan port USB Type-C sementara Xiaomi Redmi Note 6 Pro masih membawa dukungan port MicroUSB yang terbilang teknologi lama.

Harga

Xiaomi Redmi Note 6 Pro hadir di Indonesia dengan harga  Rp 2.899.000 untuk varian RAM 3 GB dan Rp 3.299.000 untuk varian RAM 4 GB. Sementara Xiaomi Mi 8 Lite hadir dengan harga Rp 3.699.000.

Kesimpulan

Dengan harga yang tidak terpaut terlalu jauh, Xiaomi Mi 8 Lite bisa menjadi pilihan tepat karena memiliki performa, kamera, dan fitur yang lebih baik. Tetapi, dana menjadi pertimbangan pertama, maka Xiaomi Redmi Note 6 Pro versi RAM 3 GB pun cukup layak untuk dipinang.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar