Game

Emak-Emak Matic – Game Lokal yang Berhasil Gara-Gara Fenomena Viral

Emak-Emak Matic Header

Gadgetren – Educa Studio, sebuah perusahaan teknologi asal Salatiga yang fokus pada dunia anak dan pendidikan, memiliki sebuah game seluler menarik berjudul Emak-Emak Matic. Game ini dibuat oleh divisi di bawah naungan Educa Studio yaitu Keong Games.

Seperti namanya, permainan seluler tersebut terinspirasi dari fenomena lokal emak-emak yang semakin viral dengan membawa keunikan “sein ke kiri belok ke kanan” atau sebaliknya yang melekat padanya dilambangkan dengan sepeda motor matic.

Digawangi oleh Idawati sebagai game designer, Keong Games menggarap game Emak-Emak Matic dalam kurun waktu kurang lebih empat belas bulan. Guna mempertajam tema yang diangkatnya, Keong Games melakukan sebuah riset yang berjalan kurang lebih selama dua bulan pada tahun 2017 lalu untuk membangun game seluler ini.

Pengembangan dilanjutkan dengan merancang game selama dua bulan, dilanjutkan dengan implementasi pengembang selama sepuluh bulan dari mulai perancangan aset hingga publikasi game tersebut ke toko aplikasi.

Dengan kerja kerasnya tersebut, Emak-Emak Matic berhasil menjadi permainan pilihan editor (Editor’s Choice) di Google Play Store. Bahkan, selama bulan Ramadhan hingga hari raya Idul Fitri lalu, game ini nangkring di dalam “Featured Games – Ngabuburit Asyik”.

Emak-Emak Matic

Perjalanan Sang Ratu Jalanan ini (julukan untuk Emak-Emak Matic) tidak hanya berhenti sampai di situ. Keong Games dan Educa Studio cukup serius menggarap permainan ini sehingga mengadaptasinya ke dalam bentuk komik dan boardgame.

Sejak resmi menjadi komik di CIAYO Comics, komik Emak-Emak Matic senantiasa disegarkan dan sekarang telah memasuki musim keduanya (Season 2). Sementara boardgame-nya, kini sudah bisa dibeli di berbagai toko online di Indonesia.

Berbekal tema lokal yang viral tersebut, Emak-Emak Matic juga berhasil menjadi salah satu dari lima belas kekayaan intelektual atau Intellectual Property (IP) yang terpilih ke dalam “Program Pelatihan Komersialisasi IP Kreatif”.

Bagi yang belum tahu, program pelatihan tersebut merupakan sebuah program yang diselenggarakan oleh Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) dan Danumaya Dipa melalui KATAPEL.

Dan bagi kamu yang belum pernah memainkan Emak-Emak Matic, kamu bisa mengunduhnya melalui halaman berikut ini. Sementara untuk komiknya bisa diakses melalui halaman CIAYO Comics dan boardgame-nya bisa dibeli melalui Tokopedia.

Tinggalkan Komentar