Gadget Perangkat Pintar

Apa Itu Android TV Box dan Apa Manfaatnya?

Apa Itu Android TV Box Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Setelah berhasil mengobrak-abrik pasar ponsel, Xiaomi pun merilis Mi TV beberapa waktu lalu. Perangkat TV pintar ini cukup menarik, karena telah menggunakan sistem berbasis Android TV.

Bagi kamu yang belum tahu, Android TV merupakan sebuah sistem operasi khusus yang dirancang untuk perangkat-perangkat digital media players (DMP), yakni perangkat home entertainment yang dapat dihubungkan dengan jaringan internet rumah guna melakukan streaming media digital seperti musik, foto atau video digital.

Dengan antarmuka yang telah dirancang secara khusus, sistem operasi berbasis Android ini dapat digunakan dengan mudah untuk menemukan dan menampilkan konten-konten digital dari aplikasi atau layanan media.

Bahkan untuk menunjang kemampuannya, Google selaku pengembangnya juga melengkapi sistem ini dengan fitur yang terintegrasi pada beberapa teknologi dan layanan Google terkini lain, seperti Assistant, Chromecast, and Knowledge Graph.

Berbeda dengan sistem pendahulunya yakni Google TV, sistem ini bahkan dikembangkan dengan sangat mendekati ekosistem Android, di mana Google juga menempatkan layanan Google Play dan dukungan integrasi dengan perangkat Android lainnya.

Menariknya, tak hanya di perangkat TV pintar seperti Mi TV, sistem operasi ini pun bisa digunakan pada TV biasa. Syaratnya, kamu hanya perlu memasangkan Android TV Box ke perangkat tersebut untuk menjembataninya.

Apa Itu Android TV Box?

Dari namanya pasti banyak yang sudah bisa menerka. Android TV Box merupakan perangkat yang bisa digunakan untuk mengubah TV biasa yang kamu miliki menjadi TV pintar selayaknya Mi TV. Atau secara sederhana, Android TV Box merupakan perangkat DMP tambahan berbasis Android TV untuk TV (monitor) biasa.

Perangkat tambahan ini biasanya dilengkapi dengan jenis port yang cukup lengkap seperti kebanyakan perangkat TV pintar, termasuk yang cukup umum adalah port USB, port MicroSD, port HDMI, hingga port SATA.

Dengan menggunakan perangkat ini, TV biasamu bisa berubah menjadi Android TV, yang mana kamu bisa menggunakannya untuk melakukan streaming media digital (seperti musik, foto atau video digital), bermain atau menjalankan game atau aplikasi Android yang bisa diunduh dari Google Play Store, atau memproyeksikan layar ponsel Android ke layar TV melalui fitur cast.

Perangkat tambahan ini bisa kamu temukan di berbagai macam toko online atau di beberapa toko komputer. Biasanya, perangkat Android TV Box ini dijual dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan harus membeli perangkat TV pintar.

Tinggalkan Komentar