Aplikasi

Pesan Ruang Kerja dan Meeting dengan Mudah Menggunakan XWORK

Xwork Header

Kini perkembangan startup dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia sedang naik daun dan sangat membutuhkan ekosistem yang kuat. Dalam masa perkembangannya ini membutuhkan dukungan ruang kerja yang memadai untuk melakukan bisnisnya.

Untuk menghemat biaya, pelaku startup dan UMKM mungkin mengetahui tentang Virtual Office yang merupakan sebuah jasa sewa alamat kantor yang memungkinkan penggunanya menyewa sebuah alamat untuk kebutuhan surat dan penerimaan tamu.

Memang banyak startup maupun UMKM yang tidak memiliki lokasi fisik, namun penting untuk mempunyai alamat yang terdaftar sehingga membuat klien atau rekan bisnisnya dapat mengirimkan berbagai macam barang dan surat untuk keberlangsungan kerjanya.

Xwork 1

Untuk memberikan dukungan terhada Virtual Office dan ruang kerja yang mudah serta cepat, XWORK selaku startup yang ikut bertumbuh di Indonesia pun mencoba untuk menyediakan pemesanan ruangan kerja secara online menggunakan aplikasi.

Kini aplikasi XWORK pun telah tersedia di Google Play Store sehingga dapat diunduh dan diinstal di smartphone Android. Setelah Gadgeter berhasil mengunduh dan menginstal XWORK di smartphone maka dapat langsung membukanya.

Pada halaman awal aplikasi ini, Gadgeter akan dihadapkan dengan menu login yang dapat menggunakan akun Facebook, akun Google, atau akun yang telah dibuat di aplikasi XWORK.

Untuk memudahkan proses pemesanan, saya pun menggunakan akun Google karena lebih cepat, lebih mudah digunakan, dan aman. Setelah berhasil login, Gadgeter akan dihadapkan pada halaman utama yang sederhana di dominasi warna putih dan beberapa menu utama.

Pada tab Home, terdapat menu Meeting Harian, Meeting Rutin, Ruang Acara, Coworking, Office, dan Ruang Meeting Dibawah 100 Ribuan. Untuk permulaannya saya mencoba membuka menu Meeting Harian.

Xwork 3

Pada menu Meeting Harian, saya dihadapkan pada pilihan pengisian Lokasi yang dituju, tanggal meeting, dan kapasitas orang. Ketika mengisi Lokasi yang dituju maka saya dihadapkan untuk mengisi lokasi berada dan nantinya diminta jarak maksimal dengan tempat meeting mulai dari 1 km – 30 km.

Setelah saya mengisi semua kebutuhan tersebut maka langsung menekan tombol Cari. Hasilnya pun muncul beberapa tempat yang cocok digunakan untuk meeting pada hari yang ditentukan di sekitar saya berada lengkap dengan keterangan harga, nama tempat, dan kapasitasnya.

Apabila salah satu tempat dipilih, maka akan ditampilkan keterangan yang lebih lengkap mulai dari nama ruangan, penjelasan rincinya, harga, setup ruangan, fasilitas gratis yang didapatkan, fasilitas berbayar, makanan & minuman berbayar, jam operasional, alamat lengkap, peraturan umum, cara akses lokasi, dan tombol Pesan Sekarang.

Setelah menekan tombol Pesan Sekarang maka saya dapat langsung menentukan waktu penyewaan tempat tersebut untuk meeting. Setelah menentukan tanggal, maka saya pun langsung menentukan waktu meeting dimulai hingga selesai.

Xwork 2

Setelah berhasil mengisi waktu maka saya pun akan dihadapkan pada keterangan yang memperlihat informasi mengenai tempat, tanggal, dan waktu yang sudah dipesan tadi. Apabila sudah cocok maka dapat langsung menekan tombol Konfirmasi.

Selanjutnya, saya langsung dihadapkan pada langkah pertama dengan mengisikan nama, nomor telepon, dan email. Setelah menekan tombol Selanjutnya, maka saya diminta untuk memasukkan informasi mengenai fasilitas gratis, fasilitas berbayar, makanan & minuman berbayar, setup ruangan, dan catatan tambahan.

Saya pun langsung menekan tombol Selanjutnya dan diarahkan ke langkah ketiga yang memperlihat informasi lengkap pemesanan mulai dari nama ruangan, tanggal, waktu, setup ruangan, catatan tambahan, dan harga yang harus dikeluarkan.

Setelah pesanan sesuai maka saya langsung menekan tombol Pesan dan secara otomatis dihadapkan pada halaman pembayaran yang memiliki opsi menggunakan Bank Transfer maupun Kartu Kredit. Nantinya waktu pembayaran dapat dilakukan maksimal 2 jam setelah pemesan. Bahkan apabila Gadgeter memiliki kode promo maka akan mendapatkan diskon harga ruangan.

Nantinya hasil pesanan yang telah dilakukan akan muncul di Tab My Booking yang berada di bagian bawah aplikasi. Sementara Tab Bookmark biasanya berisikan mengenai ruangan yang sudah ditandai untuk menjadi pilihan ketika akan memesan ruangan.

Sementara itu, apabila saya memilih menu Meeting Rutin maka akan dihadapkan pada lokasi yang dituju, jarak dari 1 km – 30 km terdekat dari lokasi yang ditetapkan, jumlah pengulangan meeting, dan banyaknya orang yang mengikuti meeting.

Setelah memilih tombol Cari Ruangan maka akan dihadapkan pada berbagai pilihan tempat meeting terdekat dan pas. Untuk langkah pemesannya pun hampir sama dengan menu Meeting Harian.

Selain itu, saya pun mencoba untuk menggunakan menu Ruang Acara untuk menyelenggarakan sebuah acara. Dalam menu ini saya diminta untuk memasukkan lokasi yang dituju dengan radius mulai 1km – 30 km, tanggal, waktu penyelenggaraan, dan jumlah orang yang mengikuti acara.

Jika telah selesai maka saya langsung menekan tombol Cari dan aplikasi akan memperlihatkan beragam ruangan yang tersedia. Saya langsung memilih salah satu ruangan dan menekan tombol Pesan Sekarang.

Nantinya aplikasi akan memperlihatkan detail tempat acara, alamat, tanggal, dan waktu penyelenggaran. Setelah sudah benar maka saya langsung memilih tombol Konfirmasi dan langkahnya hampir mirip dengan proses pemesanan di menu Meeting Harian.

Mencoba cara kerja yang kekinian, saya pun mencoba menu Coworking Space. Dalam menu ini, seperti biasanya saya diminta untuk memasukkan lokasi yang dituju lengkap dengan radius 1 km – 30 km, tempat, waktu, dan jumlah peserta yang akan melakukan kerja di Coworking Space.

Pada saat pengisian telah selesai dan dirasa benar maka dapat langsung memilih Cari. Hasilnya aplikasi akan memperlihat beragam tempat Coworking Space lengkap dengan harga sewa bulanan dan jumah kapasitasnya. Untuk pemesannya pun hampir sama dengan menu Meeting Harian.

Tak hanya itu, saya pun mencoba menu Office untuk bekerja. Seperti biasanya, dalam menu ini saya dihadapkan untu mengisi lokasi yang dituju, waktu mulai bekerja, dan jumlah kapasitas orang untuk bekerja.

Setelah menekan tombol Cari maka saya langsung dihadapkan dengan Office yang disediakan lengkap dengan kapasitas orang dan harga bulanannya. Untuk pemesanannya pun hampir sama dengan menu Meeting Ruangan.

Terakhir, terdapat menu Ruang Meeting Dibawah 100 Ribuan yang akan memberikan sugesti mengenai ruangan meeting murah dengan kapasitas terbatas, namun nyaman digunakan. Cara pemesannya pun hampir sama dengan Meeting Harian.

Untuk memudahkan penggunanya, XWORK rata-rata menyediakan pembayaran menggunakan Bank Transfer atau Kartu Kredit. Nah, apabila kamu tertarik menggunakan aplikasi XWORK ini maka dapat langsung mengunduhnya di Google Play Store untuk smartphone Android. Sementara itu, versi iPhone-nya sedang tahap pengembangan.

Leave a Comment