Berita

Realme Optimis Menjadi Penantang Terkuat Xiaomi di Industri Smartphone Indonesia

Realme 2 Red Female HEader

Realme memposisikan diri sebagai “game-changer” dan menjadi “Xiaomi Killer” untuk menjadi penantang terkuat Xiaomi di industri smartphone Indonesia.

Pangsa pasar Indonesia saat ini didominasi oleh merek smartphone asal Tiongkok, termasuk salah satunya adalah  Xiaomi. Laporan Canalys di Q1 2018, menunjukkan Xiaomi menduduki posisi kedua pangsa pasar di Indonesia (18.3%) menyusul di bawahnya Oppo (16.8%) dan Vivo (6.5%).

Baru-baru ini pun IDC merilis tren pangsa pasar smartphone di Indonesia untuk Q2 2018 dengan hasil Xiaomi (27%) masih menduduki posisi kedua pangsa pasar smartphone Indonesia. Artinya, Xiaomi masih menjadi “raja” smartphone Tiongkok di Indonesia.

Dominasi smartphone asal Tiongkok termasuk Xiaomi saat ini telah mengubah lanskap industri smartphone Indonesia selama satu dekade terakhir.  Smartphone asal Tiongkok kini dipercaya memiliki kualitas yang tidak kalah bersaing dengan merek negara-negara lain ditambah harganya yang lebih terjangkau. Kualitas dan harga yang terjangkau inilah yang memberikan tempat lebih banyak bagi produsen asal Tiongkok di pangsa pasar Indonesia.

Namun, dominasi Xiaomi nampaknya akan segera “terusik” dengan kehadiran Realme di pasar Indonesia. Sebagai gambaran, Realme saat ini tengah menjadi perhatian di pasar Asia setelah memperoleh hasil positif untuk penjualan dua smartphone-nya, Realme 1 dan Realme 2 di India.

Ekspansi bisnis Realme ke Asia Tenggara, khususnya ke  Indonesia pun akan menjadi sangat dinantikan karena Realme memiliki target untuk menjadi “game changer” di industri smartphone Indonesia sekaligus membawa tagline “Power Meets Style”.

Resmi hadir di Indonesia Realme akan memperkenalkan Realme 2 series sebagai smartphone dengan harga di bawah 2 juta pertama yang memiliki notch. Realme 2 series pun akan menjadi smartphone yang menawarkan daya atau tenaga baterai yang kuat dengan desain sytlish.

Josef Wang – Marketing Director Realme SEA mengatakan, “Ini adalah momen yang tepat untuk mengumumkan peluncuran pertama kami kepada publik di Indonesia, terutama untuk segmentasi market kami yang menargetkan anak muda. Kami sangat bersemangat untuk segera memulai kehadiran kami di pasar Indonesia.”

Ekspansi ke Indonesia dengan lini produk dan strategi market unggul, Realme sepertinya layak dinobatkan sebagai calon penantang terkuat Xiaomi di market share saat ini sekaligus memperkuat dominasi vendor Tiongkok di industri. Untuk semakin memperkuat posisi Realme di pasar Indonesia, Realme bekerjasama dengan Lazada yang diyakini dapat mencapai hasil terbaik dalam penjualan perdananya di Indonesia.

* Disclosure: artikel ini adalah hasil kerja sama dengan Realme

Leave a Comment