Berita

Kalahkan Xiaomi Black Shark! iPhone XS Jadi Raja Smartphone Tercepat versi AnTuTu

Black Shark Gaming Phone Header

Persaingan smartphone di dunia semakin memanas di tahun 2018 ini karena berbagai vendor telah meluncurkan smartphone dengan spesifikasi hardware menarik, namun harganya terjangkau.

Bahkan smartphone gaming Black Shark besutan Xiaomi pun hingga bulan September 2018 kemarin masih menduduki posisi pertama smartphone tercepat di dunia versi AnTuTu dengan skor yang mencapai 292.887 poin.

Bahkan Black Shark ini memiliki harga terjangkau yang dimulai dari Rp 6 jutaan padahal smartphone ini telah menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 845, RAM dengan pilihan 6 GB atau 8 GB, dan storage internal dengan pilihan 64 GB atau 128 GB.

iPhone XS AnTuTu Sadis

Dengan harga dan spesifikasi hardware menarik ini, Xiaomi mampu menghadirkan smartphone gaming bertenaga ditambah sistem pendingin sehingga penggunanya dapat berlama-lama memainkan game berat sekalipun.

Namun ternyata baru saja muncul iPhone XS yang menurunkan singgasana dari Black Shark pada benchmark AnTuTu. Bisa dibilang smartphone ini memiliki performa yang lebih tinggi lagi, meskipun spesifikasi hardware terlihat di bawah Black Shark.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan menggunakan aplikasi AnTuTu, ternyata berhasil mendapatkan skor 359.747 poin. Tentunya Black Shark akan sulit mengejarnya mengingat terjadi perbedaan poin yang besar hingga mencapai 66.860 poin.

Walaupun performanya kencang, namun spesifikasi hardware yang dihadirkan pada iPhone X terlihat seperti lebih rendah dari Black Shark dengan penggunaan chipset Apple A12 Bionic Hexa-core, RAM 4 GB dan penyimpanan internal dengan pilihan 64 GB, 256 GB, atau 512 GB.

Sebenarnya pengaruh dari performa pun tidak hanya hardware saja, melainkan dari sisi software pun perlu diperhatikan. Bisa dibilang sistem operasi iOS dan aplikasi Apple memang lebih efisien dibandingkan sistem operasi Android.

Dengan efisiensi ini membuat sistem operasi iOS beserta aplikasi Apple lebih cepat dibaca oleh mesin sehingga berimbas pada performanya yang lebih bertenaga. Sementara aplikasi Android harus dikonversi dulu untuk bisa dibaca oleh mesin sehingga memakan RAM yang cukup banyak.

Meskipun iPhone XS berhasil menjadi Raja smartphone terkencang versi AnTuTu untuk saat ini, namun harga yang harus ditebus untuk mendapatkan smartphone ini pun lebih dari belasan juta.

Leave a Comment