Smartphone

7 Alasan Kenapa Lebih Baik Memilih Android Daripada iPhone

Alasan Memilih Android Daripada iPhone Header flix

Gadgetren – Kini Android merupakan salah satu sistem operasi yang banyak digunakan oleh perangkat mobile. Bahkan lebih dari 80% smartphone dari beragam produsen di dunia yang menggunakan sistem operasi.

Dengan kata lain membuat Android berada di atas angin sehingga membuat iPhone besutan Apple memiliki segmen khusus untuk pengguna kelas atas saja dibandingkan mengincar segmen kelas menengah maupun bawah di berbagai negara.

Ternyata tidak hanya itu saja yang membuat banyak orang lebih memilih smartphone Android dibandingkan dengan iPhone. Nah, berikut ini beberapa alasan banyak orang memilih smartphone Android daripada iPhone.

Alasan Memilih Android Daripada iPhone

Harga Murah

Sudah tidak dapat dipungkiri, smartphone Android dengan spesifikasi hardware yang tinggi saja masih memiliki harga di bawah Rp 10 jutaan. Sementara iPhone generasi terbaru dibanderol dengan harga yang sangat mahal mencapai lebih dari Rp 13 jutaan.

Selain itu, harga smartphone Android pun beragam mulai dari Rp 1 – 2 jutaan untuk kelas bawah, Rp 2 – 5 juta untuk kelas menengah, dan Rp 5 – 10 ke atas untuk kelas atas. Sementara iPhone terbaru memiliki kisaran harga yang mahal pada saat diluncurkan setiap tahunnya.

Mudah transfer data

Untuk melakukan transfer dokumen, musik, video, foto, maupun data lainnnya sangat mudah dilakukan di smartphone Android karena hanya tinggal menggunakan kabel data ketika menghubungkannya ke komputer.

Sementara itu, iPhone biasanya hanya video dan foto saja yang bisa ditransfer ke komputer, itupun biasanya harus menggunakan aplikasi iTunes bawaannya sehingga tidak sefleksibel smartphone Android.

Banyak aplikasi gratis

Sudah jadi rahasia umum bahwa aplikasi di Google Play Store untuk aplikasi Android biasanya banyak yang gratis. Hal ini bisa terjadi karena sistem monetasi developer aplikasi di smartphone rata-rata menggunakan iklan maupun pembelian item pada aplikasi di smartphone Android.

Sementara iPhone sendiri rata-rata aplikasi yang hadir pada Apple App Store biasanya banyak yang berbayar. Namun memang fans dari iPhone sendiri rata-rata tidak keberatan membeli aplikasi yang hadir pada Apple App Store.

NFC Multifungsi

Apabila NFC yang hadir pada Apple iPhone hanya dapat digunakan untuk Apple Pay, berbeda dengan yang terdapat pada smartphone Android karena dapat digunakan untuk pembayaran, transfer data, mengecek saldo emoney, membuka kunci smartphone, dan masih banyak lagi.

Slot kartu memory

Apple sama sekali tidak memiliki slot kartu memory sehingga membuat penggunanya harus melakukan transfer video maupun foto setiap kapasitas penyimpanan internalnya sudah mau habis.

Sementara smartphone Android memiliki slot kartu memory yang memungkinkan penggunanya dapat mengekspansi kapasitas setiap penyimpanan internalnya mau habis. Perlu diperhatikan bahwa kartu memory yang digunakan sebaiknya berkecepatan tinggi, seperti Class 10 atau SDHC agar smartphone Android dapat membaca dan menulis dengan cepat.

Fitur yang Lebih Maju dari iPhone

Biasanya smartphone Android memiliki fitur yang lebih maju dibandingkan dari iPhone, hal ini terlihat dari pengimplementasian NFC, Wireless Charging, pengaturan apertur foto, hingga dukungan dua kartu SIM yang sudah lama ada di Android baru dihadirkan pada iPhone.

Fingerprint

iPhone X generasi terbaru sudah tidak menggunakan sensor fingerprint lagi sehingga memaksa penggunanya untuk membuka kunci iPhone hanya menggunakan Passcode atau Face ID. Namun beberapa smartphone Android kelas atas pun masih setia dengan menghadirkan fingerprint.

Leave a Comment