Smartphone

Lebih Canggih! Inilah 5 Fitur Andalan Samsung Galaxy Note 9

Samsung Galaxy Note 9 Header Pasir

Beberapa hari lalu, saya beserta media dan YouTuber lainnya berkesempatan untuk mengikuti Samsung Galaxy Note 9 | Watch : The Powerful Generation Media Workshop di The Canopi, Pulau Bintan, Kepulauan Riau, Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, pihak Samsung memberikan workshop mengenai fitur dari Samsung Galaxy Note 9 dan Galaxy Watch. Selain workshop, peserta pun diajak untuk mengikuti aktivitas yang berkaitan dengan praktik penggunaan Galaxy Note 9 dan Galaxy Watch.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan fitur dari Samsung Galaxy Note 9 dan Galaxy Watch maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini :

Fitur Samsung Galaxy Note 9

1. S-Pen mutifungsi

Berbeda dengan generasi sebelumnya, Samsung Galaxy Note 9 ini telah menggunakan S-Pen dengan teknologi terbaru yang menggunakan Bluetooth Low-Energy. Selain bisa digunakan untuk mengaktifkan fitur, menulis, mencoret, maupun menggambar dalam Galaxy Note 9, S-Pen ini memiliki fitur lain yang menarik.

Fitur S-Pen terbaru yang sudah saya coba adalah menggunakannya untuk melakukan foto selfie atau mengambil foto dengan kamera utama dari jarak jauh. Selain itu, S-Pen ini juga dapat digunakan untuk melakukan slide presentasi atau memutar video secara jarak jauh. Tentu saja hal ini membuat S-Pen dari Galaxy Note 9 lebih multifungsi dan berbeda dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

2. Kamera canggih pintar

Perangkat yang satu ini telah dilengkapi dengan dua kamera belakang yang mempunyai kombinasi kamera wide-angle 12 MP, dual-aperture f/1.5 dan f/2.4, dual-pixel PDAF, OIS + kamera telephoto 12 MP, aperture f/2.4, OIS, 2x optical zoom, dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan bagus.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, kamera Galaxy Note 9 ini dibekali dengan dukungan kecerasan buatan atau Artificial Intelligence yang terdapat dalam fitur Scene Optimizer. Dengan hadirnya fitur ini memungkinkan kamera dapat mengenali scene atau suasana yang sedang terjadi pada obyek dan lingkungan sekitar.

Nantinya Scene Optimizer akan merekomendasi scene tertentu, seperti Pantai, Kucing, Makanan, Langit Biru, dan masih banyak lagi dengan kecerahan, ketajaman, kepekatan, warna, dan efek yang telah ditentukan oleh AI agar hasinya terlihat lebih bagus.

Meskipun AI ini pintar dalam menentukan scene yang cocok untuk foto, namun untuk menghasilkan foto yang lebih imajinatif dan dramatis lagi, sebaiknya menggunakan Pro mode karena menghadirkan beragam pengaturan manual dengan lengkap, mulai dari ISO, Shutter Speed, Warna, White Balance, hingga Aperture.

Dalam urusan video, Samsung Galaxy Note 9 ini memiliki fitur Super Slow Motion yang memungkinkan penggunanya dapat merekam video dengan gerakan super lambat berkecepatan 960fps berkualitas HD yang hasilnya dramatis.

3. Performa Gaming lancar

Samsung Galaxy Note 9 ini memiliki chipset Exynos 9810 Octa-core, RAM 6 GB, dan storage internal dengan pilihan 128 GB atau 512 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 512 GB. Bahkan penyimpanannya bisa menjadi 1 TB apabila penggunanya menggunakan varian storage internal 512 GB + microSD 512 GB.

Dengan kombinasi hardware ini membuat Samsung Galaxy Note 9 mampu melahap game atau aplikasi berat dengan cepat dan mulus. Bahkan game ekslusif Fortnite yang hadir pada perangkat Samsung dapat dimainkan dengan halus dan lancar tanpa hambatan..

4. Samsung DeX

Samsung DeX merupakan kepanjangan dari Samsung Desktop eXperience yang dikembangkan oleh Samsung sehingga memungkinkan smartphone maupun tablet buatannya dapat dihubungkan ke layar monitor atau televisi sehingga memberikan pengalaman seperti menggunakan komputer Desktop atau laptop.

Apabila generasi sebelumnya membutuhkan DeX Dock, kali ini Samsung Galaxy Note 9 hanya membutuhkan kabel port USB Type-C to HDMI untuk terhubung dengan layar monitor maupun televisi.

Menariknya lagi, teknologi Samsung DeX ini dapat diimplementasikan ke LCD proyektor selama terdapat port HDMI. Setelah DeX aktif dan tampilan Android muncul di LCD Proyektor, layar monitor atau TV, maka Samsung Galaxy Note 9 pun dapat digunakan untuk menjadi mouse maupun keyboard.

Sementara itu, S-Pen pun dapat digunakan untuk menjalankan slide pada aplikasi presentasi yang dibuka. Tak hanya itu, apabila ingin memutar atau mematikan video maupun musik maka dapat juga menekan tombol di S-Pen.

5. Daya tahan baterai lama

Sebagai smartphone flagship, bisa dibilang Galaxy Note 9 ini menarik karena dibekali dengan baterai berkapasitas 4000 mAh. Pihak Samsung pun mengklaim bahwa smartphone ini mampu bertahan selama 1 hari penuh dalam pemakaian normal.

Untuk itu, saya pun mencoba smartphone ini dalam pemakaian sehari-hari mulai dari menonton video sesekali, chat, telepon, SMS, membuat status atau upload foto di jejaring sosial, dan memainkan game sesekali.

Hasilnya Samsung Galaxy Note 9 ini mampu bertahan selama 14 jam 10 menit dari kondisi baterai 100% hingga titik kritis 15%. Bahkan perangkat ini pun dilengkapi dengan fitur Fast Charging yang memungkinkan pengisian daya baterai dengan cepat.

Terhubung dengan Samsung Galaxy Watch

Selain Galaxy Note 9, Samsung pun memperkenalkan smartwatch terbarunya yang bernama Galaxy Watch dengan fitur – fitur menarik. Galaxy Watch ini mampu bertahan hingga 5 atm atau 30 meter di dalam air.

Bahkan smartwatch ini mampu bertahan di air laut sekalipun, meskipun nantinya harus dibilas langsung dengan air tawar setelah selesai digunakan. Namun perlu diperhatikan juga tekanan air agar smartwatch tidak cepat rusak.

Selain dapat mengukur detak jantung dengan fitur Heart Rate, Galaxy Watch juga dapat membaca tingkak stres dengan fitur Stress Level yang nantinya akan memberikan sugesti agar bersantai sejenak apabila sedang stres di tingkat tinggi.

Apabila ingin menerima panggilan telepon Galaxy Note 9, penggunanya pun dapat langsung menggunakan Galaxy Watch yang nantinya bisa langsung mendengarkan percakapan penelepon dan berbicara langsung.

Leave a Comment