Aplikasi

Cek Jadwal & Posisi Kereta Commuter Line dengan Akurat di KRL Access

KRL Access Header

Gadgetren – Kini Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line sangat membantu penggunanya yang berada di kawasan Jabodetabek untuk dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dengan sangat cepat, baik aktivitas kerja maupun jalan-jalan.

Meskipun mampu mengantarkan kita dengan cepat, namun terkadang jadwal dari KRL Commuter Line ini sering tidak tepat waktu sehingga membuat kita was-was ketika tidak ada di stasiun keberangkatan dan bertanya-tanya sudah sampai manakah keretanya?

Berkat pengalaman inilah yang membuat saya menginstal aplikasi KRL Access untuk mengetahui jadwal lengkap dengan posisi KRL Commuter Line berada. Aplikasi ini resmi buatan PT Kereta Commuter Indonesia yang dapat digunakan oleh pengguna smartphone iPhone dan Android.

KRL Menu

Pada halaman utama dari KRL Access, penggunanya akan disuduhkan beragam berita terkini seputar KRL Commuter Line lengkap dengan informasi mengenai lintasan-lintasan kereta di Jabodetabek.

Selanjutnya, pada bagian kiri atas terdapat menu utama yang memiliki ikon tiga titik. Pada saat memilihnya, Gadgeter akan dihadapkan pada menu Home, Train Position, Schedule And Route, Fare, Email Complain, Route Map, Tweet, Facebook, Instagram, YouTube, dan C-Traffic.

Dari semuanya, saya paling menyukai fitur Train Position karena dapat mengetahui kereta apa saja yang telah hadir di stasiun keberangkatan saya sehingga dapat memperhitungkan waktu untuk mencapai stasiun tujuan.

KRL Train Position

Selain itu, saya pun mengombinasikannya dengan menu Schedule And Route yang memberitahukan saya mengenai jadwal-jadwal KRL Commuter Line pada stasiun yang akan menjadi titik keberangkatan saya. Meskipun terkadang jadwal yang ditampilkan sedikit berbeda dengan praktiknya yang disebabkan oleh masalah teknis persinyalan, rel, listrik, maupun kondisi Commuter Line pada hari tersebut.

Untuk menu Train Position ini sangat mudah digunakan karena saya hanya perlu memasukkan nama stasiunnya saja. Selanjutnya, aplikasi akan menunjukkan KRL Commuter Line mana saja yang telah ada atau sedang berada di Stasiun mana lengkap dengan informasi mengenai stasiun yang akan dituju.

Menariknya lagi informasi yang dihadirkan pada menu Train Position ini bersifat Real Time sehingga selalu update pada waktu itu juga. Sementara untuk menggunakan menu Schedule And Route ini penggunanya cukup memasukkan nama Stasiun dan kisaran waktu yang diinginkan.

KRL Schedule

Misalnya saja memasukkan stasiun Bogor dari pukul 09.00 hingga 22.30 maka aplikasi secara otomatis akan menampilkan jadwal KRL Commuter Line yang tersedia pada Stasiun Bogor dalam rentan waktu tersebut.

Tentu saja dua menu ini sangat membantu saya sebagai pengguna KRL Commuter Line agar bisa mengetahui kereta mana yang akan berangkat lengkap dengan Stasiun tujuan dan waktunya.

Sementara itu, bagi Gadgeter yang masih awam menggunakan KRL Access dan ingin mengetahui harga dari tiket yang harus dibayar antar Stasiunnya maka dapat memilih menu Fare dan langsung menentukan Stasiun keberangkatan dan Stasiun tujuan. Nantinya harga tiket akan ditampilkan oleh aplikasi.

KRL Tweet

Bagi Gadgeter yang ingin mengetahui informasi seputar gangguan maupun kejadian yang terjadi pada KRL Commuter Line seharian maka dapat memantau langsung pada jejaring sosial melalui menu Facebook, Tweet, dan Instagram.

Bahkan pihak PT Kereta Commuter Indonesia juga telah menyematkan menu YouTube yang akan beragam video iklan layanan masyarakat untuk KRL Commuter Line langsung dari akun YouTube resminya.

Apabila Gadgeter merasa kurang puas dengan aplikasi ini atau pelayanan dari KRL Commuter Line maka dapat langsung melakukan komplain pada menu Email Complain yang nantinya akan langsung diterima oleh pihak PT Kereta Commuter Indonesia.

Bisa dibilang aplikasi ini sangat membantu saya ketika akan bepergian menggunakan KRL Commuter Line apalagi terdapat menu Train Position, Schedule And Route, dan Tweet yang dapat membantu saya untuk melihat kondisi kereta pada saat saya akan berangkat agar tidak menjadi was-was karena gangguan.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang ingin mencoba menggunakan aplikasi KRL Access ini maka dapat mengunduhnya langsung di Google Play Store untuk smartphone Android dan Apple App Store untuk iPhone, iPad, maupun iPod Touch.

Leave a Comment