Berita Smartphone

Murah! Xiaomi Mi 8 Lite Bawa RAM 6 GB & Kamera Selfie 24 MP

Xiaomi Mi 8 Lite Header

Selain meluncurkan Mi 8 Pro dengan sensor fingerprint dalam layar, ternyata Xiaomi meluncurkan perangkat lebih murahnya yang bernama Mi 8 Lite. Secara desain hampir mirip dengan smartphone seri Mi 8 lainnya.

Mi 8 Lite ini mempunyai layar 6,26 inci dengan resolusi Full HD+ (2560 x 1080 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 19:9 yang memenuhi bagian depannya. Poni atau notch juga akan hadir pada bagian atasnya.

Lebih murah dibandingkan Mi 8 SE maupun Mi 8 Youth, smartphone terbaru ini akan memiliki chipset Qualcomm Snapdragon 660 AIE (Artificial Intelligence Engine) Octa-core yang bertenaga berkat teknologi proses 14nm lengkap dengan GPU Adreno 512.

Xiaomi Mi 8 Lite All

Dengan kata lain, performa dari Mi 8 Lite ini setara dengan Vivo V9 RAM 6 GB, Vivo V11 Pro, OPPO F7, hingga OPPO F9. Bahkan skor AnTuTu yang bisa didapatkan oleh chipset ini mencapai 130 ribu yang membuktikan bahwa dapat menjalankan game atau aplikasi dengan sangat lancar.

Untuk mendampingi ketangguhan dari chipset ini, Xiaomi pun menghadirkan Mi 8 Lite dengan 3 varian yang terdiri dari RAM 4 GB + penyimpanan internal 64 GB, RAM 6 GB + penyimpanan internal 64 GB, dan RAM 6 GB + penyimpanan internal 128 GB.

Dari sisi kamera, Xiaomi Mi 8 Lite telah dilengkapi dengan kamera depan yang memiliki resolusi 24 MP, bersensor Sony IMX576, dan aperture f/2.2 yang dapat menghasilkan foto selfie atau wefie dengan bagus.

Bahkan teknologi AI Smart Beauty pun dapat meningkatkan hasil foto selfie menjadi lebih menarik lagi. Selain itu, teknologi kecerdasan buatan ini juga dapat membuat wajah penggunanya lebih bercahaya dan mulus pada saat sedang melakukan video call.

Xiaomi Mi 8 Lite vs iPhone XR

Sementara dua kamera belakangnya memiliki kombinasi kamera primer 12 MP + kamera sekunder 5 MP dengan aperture f/1.9, AI, dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan bagus.

Bahkan penggunanya dapat mengatur tingkat blur (apertur) pada saat sebelum ampun sesudah mengambil foto bokeh. Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) pada kamera belakangnya dapat menentukan scene atau suasana dari obyek dan lingkungan sekitarnya.

Bodi belakang Xiaomi Mi 8 Lite ini memiliki desain warna gradasi yang unik dengan dilapisi kaca sehingga membuatnya terlihat menawan. Sepertinya warna gradasi ini terinspirasi dari warna Twilight milik Huawei P20 Pro dan Iris Purple milik Huawei Nova 3i.

Untuk desain, ukuran, dimensi, dan bezel layar pun, Xiaomi membandingkan Mi 8 Lite dengan iPhone XR terbaru. Dari hasil perbandingan tersebut memperlihatkan bahwa Mi 8 Lite memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan iPhone XR sehingga lebih enak untuk digenggam.

MIUI 9.6 berbasiskan Android Oreo pun langsung disematkan pada smartphone ini yang memiliki beberapa fitur menarik, mulai dari dual-split multitasking, efisiensi baterai, emoji yang banyak, dan masih banyak lagi.

Sensor fingerprint pun telah disematkan pada bagian belakangnya sehingga mempercepat pembukaan kunci hanya menggunakan sidik jari. Bahkan fitur Face Unlock pun telah hadir pada Mi 8 Lite yang dapat mendeteksi wajah dengan cepat.

Tak ketinggalan, baterai berkapasitas 3350 mAh dengan fast charging, jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth 5.0, dan GPS telah hadir di dalamnya. Mi 8 Lite sendiri memiliki 3 pilihan warna yang terdiri dari Dream Blue, Twilight Gold, dan Black.

Untuk harganya, smartphone ini dibanderol mencapai 1399 Yuan atau sekitar Rp 3 juta untuk varian RAM 4 GB + storage internal 64 GB, 1699 Yuan atau sekitar Rp 3,6 juta untuk varian RAM 6 GB + storage internal 64 GB, dan 1999 Yuan atau sekitar Rp 4,3 juta untuk varian RAM 6 GB + storage internal 128 GB.

[Sumber : Gizmochina]

Leave a Comment