ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Mudah Menyalin Caption di Instagram Biar Kamu Bisa Membagikannya Lagi

Cara Menyalin Caption di Instagram - Header[Ilustrasi Oleh Flickr]

Gadgetren – Meskipun hadir sebagai media sosial berbasis gambar, Instagram tak jarang menampilkan postingan-postingan yang memiliki caption yang cukup menarik untuk diabadikan atau dibagikan kembali.

Namun sayangnya, hal ini tidak mudah untuk dilakukan, karena Instagram tidak menghadirkan fitur select text dan copy-paste untuk menyalin tulisan-tulisan dari caption tersebut.

Dalam hal ini, sebenarnya kamu bisa menggunakan fitur screenshot untuk menyimpannya dalam bentuk gambar. Namun, bagi kamu yang ingin menyalinnya dalam bentuk teks, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Menyalin Caption di Instagram Tanpa Instal Aplikasi Lagi

  1. Pertama-tama, kamu dapat membuka postingan Instagram yang akan kamu salin caption-nya
  2. Setelah itu, kamu bisa membuka opsi tambahan dengan mengetuk ikon tiga titik yang terletak di pojok kanan atas postingan
  3. Jika muncul beberapa opsi, kamu dapat memilih opsi Copy Link guna menyalin alamat URL dari postingan
  4. Setelah berhasil menyalin URL, pindah ke aplikasi peramban yang menjadi andalanmu, dalam hal ini saya lebih senang menggunakan Google Chrome
  5. Paste alamat URL yang berhasil disalin ke dalam kolom yang disediakan diikuti dengan menekan tombol enter
  6. Postingan beserta caption dan komentar-komentarnya akan ditampilkan di halaman tersebut, dalam hal ini jika kamu diminta untuk login, kamu bisa mengabaikannya
  7. Setelah itu, kamu pilih Caption yang ditampilkan dengan menekan beberapa saat tulisannya hingga muncul tanda select text (ikon dua jarum)
  8. Kamu dapat menggeser-geser jarum tersebut untuk menentukan bagian mana yang ingin kamu salin
  9. Jika selesai, lepaskan jarum dan pilih opsi COPY jika muncul
  10. Jika tidak, kamu dapat mengulanginya untuk memilih bagian caption mana yang akan disalin

Cara Menyalin Caption di Instagram

Sampai dengan langkah ini, kamu sekarang telah bisa menyalin caption dari postingan Instagram. Selanjutnya, kamu dapat secara bijak memanfaatkan hasil salinan tersebut.

Kamu dapat menggunakan hasil salinan dari caption Instagram tersebut dengan menggunakan fitur paste atau tempel yang ada di perangkatmu pada beberapa aplikasi lainnya.

Misalnya kamu ingin menggunakan caption untuk mengunggah postingan Instagram, kamu dapat membuat unggahan seperti biasanya. Namun pada saat mengisi caption, kamu dapat menekan beberapa saat pada kolom yang disediakan untuk memunculkan opsi PASTE.

Selepas itu, kamu dapat memilih opsi tersebut, dan mengunggah postingan Instagram seperti biasanya. Tapi perlu diperhatikan, jika caption tersebut milik orang lain, sebaiknya kamu minta izin untuk membagikannya ulang.

Selain itu, kamu dapat menyimpan caption tersebut di aplikasi editor teks lainnya, dengan cara yang hampir sama, yakni menahan ketukan di layar hingga muncul opsi PASTE dan memilih opsi tersebut. Nah, selamat mencoba ya!

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar