Gadget Smartphone

Pocophone F1 vs Oppo F9. Mana Ponsel Rp 4 Jutaan Terbaik?

Pocophone F1 vs Oppo F9 Header

Gadgetren – Hadirnya Pocophone F1 memang membuat pasar ponsel mengalami pergeseran. Bagaimana tidak, ponsel berprosesor kelas flagsip ini hanya dijual di pasar Rp 4 jutaan alias pasar kelas menengah.

Sementara itu, di rentang harga ini pun, baru-baru ini Oppo juga merilis ponsel baru yang diberi nama Oppo F9, yang tentu saja masih membawa pakemnya, yakni Selfie Expert, sebagai andalan.

Meskipun sebenarnya tidak layak untuk dibandingkan, tetapi karena memiliki harga yang relatif hampir sama, berikut ini perbandingan antara kedua perangkat tersebut.

Pocophone F1 vs Oppo F9

Layar

Pocophone F1 vs Oppo F9 - Desain

Kedua ponsel pintar ini sama-sama menawarkan jenis layar berponi alias notch yang kekinian. Namun, Oppo F9 memiliki notch yang lebih kecil berbentuk seperti tetesan air, yang diberi nama Waterdrop Display.

Selain itu, Oppo F9 menawarkan layar berteknologi LTPS IPS yang memiliki ukuran 6,3 inci dengan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel) dan memiliki aspek rasio 19,5:9.

Sedangkan Xiaomi Pocophone F1 menawarkan layar berteknologi IPS dengan ukuran 6,18 inci beresolusi FHD+ (2246 x 1080 piksel) dan memiliki aspek rasio 18,7:9.

Performa

Pocophone F1 vs Oppo F9 - Performa

Urusan ini, di atas kertas Pocophone F1 lebih unggul karena telah mengusung prosesor yang biasanya digunakan untuk perangkat flagship dengan harga belasan juta, yakni Snapdragon 845.

Sementara Oppo F9 hanya menggunakan chipset MediaTek Helio P60, yang notabene merupakan prosesor untuk perangkat kelas menengah yang sepatutnya dibandingkan dengan Snapdragon seri 600-an.

Selain itu, Pocophone F1 juga memiliki dua varian dengan ukuran RAM 6 GB dengan memori internal sebesar 64 GB dan 128 GB, sementara Oppo F9 memiliki dua varian, yakni RAM 4 GB dan 6GB dengan memori 64 GB.

Kamera

Pocophone F1 vs Oppo F9 - Kamera

Meskipun Pocophone F1 fokus pada durability dan performanya, perangkat ini telah mengusung kamera utama ganda beresolusi 12 MP dengan sensor IMX363 + 5 MP, dilengkapi Dual-Pixel Autofocus, Real-time AI, aperture f/1.9, dan dual-LED Flash.

Sementara kamera depannya, memiliki resolusi sebesar 20 MP didukung dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang tentunya bisa membuat hasil foto menjadi semakin bagus.

Sedangkan Oppo F9 memang dirancang untuk para pecinta selfie, dengan kamera depan yang memiliki resolusi sebesar 25 MP didukung dengan teknologi AI Beautifcation.

Dan untuk kamera belakangnya pun, perangkat andalan Oppo ini telah mengusung kamera utama ganda, dengan resolusi 16 MP untuk lensa primer + 2 MP untuk lensa sekundernya.

Sistem Operasi

Kedua perangkat ini sama-sama hadir dengan mengusung sistem Android Oreo, yang mana Pocophone mengusung sistem MIUI dengan antarmuka POCO sedangkan Oppo F9 mengusung ColorOS 5.2.

Yang cukup menarik, Pocophone F1 dijanjikan oleh Xiaomi akan mendapatkan update Android 9.0 Pie sebelum tahun 2018 ini berakhir. Sementara Oppo F9 belum ada keterangan pastinya.

Baterai

Pocophone F1 vs Oppo F9 - Baterai

Di sektor baterai Pocophone F1 yang mengusung prosesor yang lebih ganas menawarkan baterai dengan kapasitas lebih besar, yakni 4.000 mAH, sementara Oppo F9 hanya memiliki 3.500 mAH.

Meskipun demikian, kedua perangkat ini dilengkapi fitur fast charging, yang juga diunggulkan oleh Oppo F9 dengan teknologi VOOC Flash Charging, yang diklaim baterainya dapat digunakan telepon selama 2 jam meski baru diisi selama 5 menit.

Harga

Pocophone F1 vs Oppo F9 - Harga

Meskipun menawarkan hardware kelas tinggi, Pocophone F1 hanya dibanderol dengan harga yang mencapai Rp4.499.000 untuk varian RAM 6 GB + ROM 64 GB, Rp4.999.000 untuk varian RAM 6 GB + ROM 128 GB, dan Rp5.199.000 untuk Armoured Edition (RAM 6 GB + ROM 128 GB) di Indonesia.

Sementara Oppo F9 dibanderol dengan harga yang relatif lebih murah, yakni Rp4.299.000, untuk versi terendahnya yang menawarkan RAM 4 GB.

Kesimpulan

Sudah jelas, untuk urusan harga berbanding dengan performanya, secara teknis, Pocophone F1 lebih layak dibeli dibandingkan Oppo F9, karena selisih harganya juga cuman Rp 200 ribuan.

Namun kalau kamu mementingkan kamera, Oppo F9 menawarkan resolusi yang lebih tinggi dari Pocophone F1, baik untuk kamera utama maupun kamera selfie-nya.

Tinggalkan Komentar