Smartphone

Mi A2 vs Mi A1. Mana HP Android One Terbaik Xiaomi?

Xiaomi Mi A2 vs Mi A1 Header

Gadgetren – Hari ini Xiaomi secara resmi akan meluncurkan smartphone Android One terbarunya yang bernama Mi A2 di Madrid, Spanyol. Bisa dibilang smartphone atau HP yang satu ini mengalami peningkatan yang menarik dibandingkan Mi A1.

Kita ketahui bersama bahwa Mi A2 milik Xiaomi ini akan memiliki layar penuh di bagian depannya yang lebih luas dibandingkan Mi A1, namun ukuran bodinya lebih kecil. Selain itu, spesifikasi hardware yang ditawarkan oleh Mi A2 akan sangat bertenaga.

Nantinya Mi A2 ini akan langsung menggunakan sistem operasi Android 8.1 Oreo Murni berkat mengikuti program Android One. Selain itu, Google pun menjanjikan bahwa HP terbaru Xiaomi ini akan mendapatkan update terdepan dan tercepat hingga 2 tahun.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan perbandingan antara Xiaomi Mi A2 vs Mi A1 maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Xiaomi Mi A2 vs Mi A1

Spesifikasi Hardware

Xiaomi Mi A2 dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snadragpn 660 Octa-core berkecepatan 2,2 GHz, RAM dengan pilihan 3 GB, 4 GB, atau 6 GB, dan storage internal dengan pilihan 32 GB, 64 GB, atau 128 GB.

Sementara Mi A1 dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 625 berkecepatan Octa-core 2 GHz, RAM 4 GB, dan storage internal 32 GB atau 64 GB yang dapat ditambahkan microSD. Terlihat performa Mi A2 lebih baik.

Layar

Mi A2 mempunyai layar dengan lebar 5,99 inci yang beresolusi Full HD+ (2.160 x 1.080 piksel), berteknologi IPS, dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 3, dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depan.

Sementara Mi A1 memiliki layar 5,5 inci dengan resolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel), berteknologi IPS, dan dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 3. Terlihat Mi A2 memiliki layar yang lebih luas, namun bodinya hampir sama besar.

Kamera

Mi A2 dibekali dengan dua kamera belakang 12 MP + 20 MP dan kamera depan 20 MP yang dapat menghasilkan foto dengan bagus. Sementara Mi A1 dilengkapi dengan dua kamera belakang 12 MP + 12 MP dan kamera depan 5 MP yang sudah cukup menghasilkan foto dengan baik. Bisa dibilang Mi A2 unggul pada kamera belakang maupun depan.

Baterai

Baterai Mi A2 mempunyai kapasitas 3010 mAh. Sedangkan Mi A1 memiliki kapasitas yang mencapai 3080 mAh. Terlihat kapasitas baterai Mi A2 sedikit kalah dari M A1. Bahkan daya tahan baterainya pun masih lebih baik Mi A1 dibandingkan Mi A2.

Fitur Lainnya

Kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan sensor fingerprint, WiFi, Bluetooth, GPS, sensor Inframerah, FM Radio, port USB Type-C, port jack audio 3,5mm, dan sistem operasi Android Oreo. Dari sisi ini, Mi A2 hampir mirip dengan Mi A1.

Harga

Xiaomi Mi A1 sendiri memiliki harga yang mencapai Rp 2,3 juta untuk varian RAM 4 GB + ROM 32 GB dan Rp 2,5 juta untuk varian RAM 4 GB + ROM 64 GB. Meskipun Mi A2 belum diketahui harganya, namun nantinya akan mahal dari Mi A1 mengingat spesifikasi hardware yang ditawarkan lebih menarik.

Kesimpulan

Apabila dilihat dari sektor hardware, performa, kamera depan, kamera belakang, layar, dan desain maka Mi A2 pemenangnya. Namun Mi A1 lebih murah dan memiliki daya tahan baterai yang lebih lama dibandingkan dengan Mi A2.

Tinggalkan Komentar