ASUS TUF Gaming FX507
Berita

Siap Kendalikan AI Optimal, Snapdragon 720 dan 730 akan Bawa NPU Mirip Kirin 970

Qualcomm Snapdragon Header

Qualcomm secara resmi telah menyematkan chipset Snapdragon seri 700 pertamanya pada Xiaomi Mi 8 SE, yakni Kirin 710. Menariknya lagi, ternyata dikabarkan Qualcomm sedang mengembangkan adiknya yang bernama Snapdragon 720 dan Snapdragon 730.

Snapdragon 720 ini akan memiliki fitur-fitur dan performa yang setara dengan flagship sebelumnya. Kita ketahui bersama, bahwa Qualcomm sendiri menciptakan Snapdragon seri 700 di antara kelas menengah Snapdragon seri 600 dan Snapdragon seri 800.

Tentu saja performa yang dimiliki chipset Snapdragon 720 ini sudah cocok untuk smartphone kelas menengah ke atas yang sedikit berada di bawah kelas atas. Meskipun spesifikasi hardware yang dibawanya belum bocor, namun Snapdragon 720 akan memiliki NPU (Neural Processing Unit) layaknya miliki Kirin 970.

Qualcomm Snapdragon Leak[Sumber : Gizmochina]

Sekilas, NPU (Neural Processing Unit) ini membantu chipset di smartphone untuk dapat mengendalikan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) secara optimal sehingga dapat membantu berbagai fitur yang sering digunakan oleh pengguna smartphone, seperti kamera, daya tahan baterai, maupun performa.

Di sisi lain, telah muncul bocoran mengenai chipset Qualcomm Snapdragon 730 yang menggunakan NPU 120 untuk menunjang performa, kamera, dan daya tahan baterai dari smartphone agar lebih bagus dibandingkan generasi sebelumnya.

Snapdragon 710 sendiri memiliki konfigurasi Dual-core Kryo 4xx berkecepatan 2,3 GHz + Hexa-core Kryo 4xx berkecepatan 1,8 GHz dengan teknologi proses 8nm yang akan lebih efisien dalam mengonsumsi daya baterai dan memiliki performa lebih bertenaga dibandingkan dengan versi sebelumnya.

GPU Adreno 615 berkecepatan 750 MHz dapat mendukung 60+ fps UI untuk resolusi Quad HD+ (3.040 x 1.440 piksel). Sementara chipset ini akan dibekali juga dengan Spectra 350 yang mampu mendukung kamera hingga resolusi 32 MP.

Bahkan smartphone dengan chipset ini juga dapat menghasilkan video beresolusi 4K 60fps HEVC dan 4K 30 fps. Sementara itu, Snapdragon 730 juga mampu mendukung storage berteknologi UFS 2.1, EMMC, dan SD 3.0.

Smartphone yang menggunakan chipset ini juga dapat mendukung port USB 3.1 Generasi pertama Type-C dan microUSB 2.0. Dengan kata lain Snapdragon 720 dan Snapdragon 730 akan menjadi babak baru dari chipset buatan Qualcomm yang mampu mengendalikan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence dengan optimal.

[Sumber : Gizmochina]

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar