Berita

Bawa GPU, NPU, dan ISP yang Lebih Mantab, Ini Bocoran Spesifikasi HUAWEI Kirin 820 5G

Bocoran Spesifikasi Huawei Kirin 820 5G Header

Gadgetren – HUAWEI Nova 7 SE yang akan meluncur mendatang kabarnya akan memuat SoC misterius buatan Huawei. Detail mengenai SoC bernama Kirin 820 5G itu kini akhirnya muncul di internet.

Melalui akun Weibo miliknya, pembocor gawai ternama Digital Chat Station untuk pertama kalinya mengunggah rincian tidak resmi mengenai piranti keras yang akan digunakan oleh sistem dalam keping itu.

Di dalam unggahan tersebut, Digital Chat Station menunjukkan bahwa Kirin 820 5G masih akan menggunakan ARM Cortex-A76 untuk inti kinerjanya seperti Kirin 810 dan Kirin 990 4G yang meluncur sebelumnya.

Dilansir dari GSMArena, Chip yang digadang-gadang menyasar kelas menengah dengan teknologi 5G itu juga dikabarkan masih akan menggunakan teknologi litografi 7nm dalam mengemas berbagai macam piranti keras yang akan digunakan.

Namun sebagai suksesor Kirin 810, SoC Huawei selanjutnya itu disebut-sebut akan membawa kemampuan pengolah sinyal gambar kamera (ISP) dan unit pemrosesan kecerdasan buatan (NPU) yang “sepenuhnya ditingkatkan”.

Digital Chat Station juga mengungkapkan bahwa SoC itu pun akan membawa unit pengolah gambar (GPU) ARM Mali-G77 untuk pertama kalinya di sejarah HiSilicon. Perlu diketahui, Kirin 990 yang menyasar pasar flagship pun kini masih menggunakan ARM Mali-G76.

Menyimpulkan keterangan yang disampaikan oleh Gizmochina, ARM sendiri telah mengklaim bahwa Mali-G77 bisa beroperasi mulai dari 120 persen hingga 140 persen lebih cepat dibandingkan dengan Mali-G76.

Meskipun memiliki kinerja yang lebih cepat, tetapi unit pengolah grafis tersebut tetap akan lebih hemat daya karena memiliki efisiensi hingga 30 persen jika dibandingkan dengan pendahulunya tersebut.

Untuk sekarang ini, Mali-G77 sendiri sudah digunakan di dalam SoC kelas tinggi seperti Samsung Exynos 990 yang menawarkan kinerja mumpuni pada keluarga Samsung Galaxy S20 di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Ini mengartikan bahwa kemampuan pengolahan grafis Kirin 820 5G bakal berada jauh di atas ARM Mali-G52 yang digunakan oleh Kirin 810 meskipun Huawei tidak mengkonfigurasikannya dengan inti pemrosesan yang lebih banyak.

Selain dirumorkan akan menjadi sumber kekuatan Nova 7 SE, Kirin 820 5G kabarnya juga akan mempersenjatai Honor 30S. Kemungkinan juga beberapa model gawai lain dengan SOC itu juga sedang dalam pengembangan.

Tinggalkan Komentar