Berita

HP Flagship Galaxy S10 Mau Pakai MediaTek. Ada Apa dengan Samsung?

Samsung Galaxy A8 2018 Main Header

Pada tahun 2018 ini Samsung telah meluncuran dua smartphone flagship awal terbarunya yang bernama Galaxy S9 dan Galaxy S9+. Kedua smartphone ini memang memiliki fitur yang menarik, namun Samsung selalu menelurkan 3 flagship di setiap tahunnya.

Kali ini Samsung sedang bersiap untuk meluncurkan Galaxy Note 9 pada tanggal 9 Agustus 2018 mendatang. Tentu saja smartphone jumbo ini akan tetap setiap dengan S-Pen saktinya dan memiliki penambahan fitur yang menarik.

Sambil menunggu Galaxy Note 9 diluncurkan, ternyata terdapat berita yang lebih menarik lagi mengenai Samsung Galaxy S10. Meskipun awalnya diperkirakan akan menggunakan chipset Exynos 9820 Octa-core, namun baru-baru ini telah muncul kabar yang mengatakan bahwa Galaxy S10 akan menggunakan MediaTek.

Berdasarkan informasi yang beredar, Samsung akan mencoba chipset dengan kombinasi Quad-core Cortex-A55 untuk kerja ringan, Dual-Core Cortex-A75 atau A76 untuk kerja menengah, dan Dual-core CPU kostum Mongoose generasi keempat untuk kerja berat.

Dengan kata lain Samsung masih dapat memiliki chipset dengan Octa-core, namun bukan Quad-core untuk kerja berat dan Quad-core untuk kerja ringan sepeti biasanya. Melainkan menggunakan konfigurasi Dual-core + Dual-core + Quad-core.

Konfigurasi ini mirip dengan chipset MediaTek Helio X yang mempunyai Deca-core yang terdiri dari cluster untuk kerja ringan, kerja menengah, hingga kerja ringan. Menurut MediaTek dengan konfigurasi cluster ini memungkinkan peningkatan performa dengan konsumsi daya tahan baterai yang lebih irit.

Untuk itu, dikabarkan Samsung tertarik untuk menggunakan chipset MediaTek pada Samsung Galaxy S10 karena akan hemat dalam mengonsumsi daya baterai, namun memiliki performa yang bertenaga. Hal ini pun akan menjadi sangat menarik apabila Samsung menggunakan MediaTek untuk smartphone flagship buatannya.

Dikabarkan Samsung Galaxy S10 akan memiliki layar yang dapat memancarkan suara. Tak hanya itu, smartphone andalan Samsung ini juga akan hadir dengan kemampuan 3D facial recognition mirip iPhone X dan Xiaomi Mi 8 Explorer Edition sehingga dapat memindai wajah penggunanya secara akurat, meskipun dalam kondisi minim cahaya sekalipun.

Apabila Samsung benar-benar menggunakan MediaTek pada Samsung Galaxy S10 maka akan menjadi berita yang menggemparkan. Namun masih banyak juga yang berspekulasi bahwa smartphone kelas atas ini akan menggunakan Qualcomm Snapdragon 855 dan Exynos 9820 ketika diumumkan pada Januari 2019 mendatang.

[Sumber : Gizmochina]

Leave a Comment