Review Smartphone

Duel Kamera: ASUS ZenFone 5 vs Vivo V9

[ilustrasi oleh Pixabay]

Beberapa ponsel yang sedang “panas” saat ini di Indonesia di antaranya adalah Vivo V9 dan ASUS ZenFone 5. Kedua ponsel tersebut sama-sama menonjolkan fitur kameranya.

Untuk kameranya, Vivo V9 menggunakan kamera belakang ganda 13 MP f/2.0 + 2 MP f/2.0 dan kamera depan 24 MP, f/2.0. Sedangkan ZenFone 5 menggunakan kamera belakang ganda Sony IMX363 12 MP f/1.8 + 8 MP f/2.0 dan kamera depan 8 MP f/2.0.

Ponsel Vivo V9 saat ini dijual dengan harga Rp.3.999.000 sedangkan ZenFone 5 dijual dengan harga Rp.4.299.000 dan harga flash sale Rp.3.999.000. Kedua ponsel ini berada di ponsel kelas menengah jika dilihat dari sisi harga.

Nah, jika kamu memiliki budget untuk membeli ponsel baru sekitar 4 juta rupiah dan ingin membeli ponsel dengan kamera yang memadai, manakah di antara kedua ponsel ini yang patut dibeli? Simak hasil kamera dari kedua ponsel tersebut di bawah ini.

* catatan: klik pada tiap foto untuk melihat foto dengan resolusi asli

Dalam Ruangan

Indoor - ZenFone 5ZenFone 5

Indoor - Vivo V9
Vivo V9


ZenFone 5


Vivo V9

Luar Ruangan

Outdoor - Zenfone 5
ZenFone 5

Outdoor - Vivo V9Vivo V9

Outdoor 2 - Zenfone 5
ZenFone 5

Outdoor 2 - Vivo V9Vivo V9

HDR

HDR - Zenfone 5ZenFone 5

HDR - Vivo V9Vivo V9

Foto Potrait


ZenFone 5


Vivo V9

Potrait - Zenfone 5
ZenFone 5


Vivo V9

Selfie

Selfie - Zenfone 5
ZenFone 5

Selfie - Vivo V9Vivo V9

Selfie Potrait

Selfie Potrait - Zenfone 5
ZenFone 5

Selfie Potrait - Vivo V9
Vivo V9

Selfie Beauty

Selfie Beauty - Zenfone 5 Selfie Beauty - Vivo V9
Kiri: ZenFone 5; Kanan: Vivo V9

Video Kamera Belakang

Video Kamera Depan

Secara keseluruhan, warna foto yang dihasilkan oleh kamera Vivo v9 terlihat lebih cerah sedangkan pada ZenFone 5 warnanya lebih mendekati warna aslinya. Namun di beberapa situasi warna kamera ZenFone 5 terlihat lebih mencolok.

Untuk efek HDR yang dimilliki oleh kedua ponsel ini, ZenFone 5 lebih unggul karena di Vivo V9 tidak terlihat peningkatan kualitas yang signifikan dari mode normal ke mode HDR.

Di mode foto potrait atau bokeh, foto yang dihasilkan oleh ZenFone 5 lebih dramatis dengan warna lebih jelas dan lebih detail. Mode bokeh di Vivo V9 sudah cukup, namun beberapa detail tekstur pada objek menjadi tidak terlihat.

Untuk kamera depannya, warna foto yang dihasilkan lebih nyaman terlihat di Vivo V9 sedangkan hasil foto kamera depan yang menggunakan zenfone 5 terlihat terlalu terang. Jika menggunakan mode selfie potrait, bokeh di ZenFone 5 tidak terlihat rapih sedangkan Vivo V9 hasil bokehnya lebih rapih.

JIka diaktifkan mode selfie beauty, hasil foto dari kamera depan Vivo V9 terlihat lebih baik dengan kulit yang mulus namun garis wajah masih terlihat jelas. Sedangkan hasil mode selfie beauty ZenFone 5 terlihat tidak natural.

Untuk urusan perekaman video,  warna yang dihasilkan oleh ZenFone 5 terlihat lebih jelas dan video juga lumayan stabil ketika dibawa berjalan. Hasil rekaman audio di ZenFone 5 juga cukup keras dan jelas suaranya. Sedangkan hasil video di Vivo V9 terlihat tidak stabil jika dibawa berjalan dan suara yang terekam kurang keras.

Kamera depan Vivo 9 jika digunakan untuk merekam video, warnanya terlihat lebih nyaman dan tidak over exposure namun tetap tidak stabil videonya ketika direkam sambil berjalan. Video dari kamera depan ZenFone 5 hasilnya sedikit over exposure tapi ketika direkam sambil berjalan terlihat stabil.

Leave a Comment