Smartphone

OPPO F7 vs Xiaomi Redmi Note 5 Pro. Mana Smartphone RAM 6 GB Terbaik?

OPPO F7 Header Leakz

Pada tanggal yang berdekatan, OPPO dan Xiaomi secara resmi meluncurkan smartphone terbarunya yang bernama OPPO F7 dan Xiaomi Redmi Note 5.

Keduanya menadapatkan banyak perhatian dari masyarakat karena fitur, desain, harga, dan spesifikasi hardware yang ditawarkan. OPPO F7 sendiri diunggulkan dengan kamera selfie 25 MP dan chipset MediaTek Helio P60.

Sementara Xiaomi Redmi Note 5 Pro sendiri diunggulkan dengan dua kamera utama 12 MP + 5 MP dan chipset Qualcomm Snapdragon 636. Nah, bagi Gadgeter yang penasaran dengan perbandingan kedua smartphone ini maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini :

OPPO F7 vs Xiaomi Redmi Note 5 Pro

Layar

OPPO F7 telah dilengkapi dengan layar penuh 6,23 inci yang beresolusi Full HD+ (2.280 x 1.080 piksel), berteknologi IPS, dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5, dan beraspek rasio 19:9. Selain itu, poni atau notch hadir di bagian atasnya.

Sementara Xiaomi Redmi Note 5 Pro dibekali dengan layar 5,99 inci yang beresolusi Full HD+ (2.160 x 1.080 piksel), berteknologi IPS, dilindungi kaca ant gores Corning Gorilla Glass, dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depannya. Apabila Gadgeter tidak menyukai hadirnya poni, maka Redmi Note 5 Pro yang lebih unggul.

Spesifikasi Hardware

OPPO F7 telah dibekali dengan chipset MediaTek Helio P60 Octa-core berkecepatan 2 GHz, RAM dengan pilihan 4 GB atau 6 GB, dan storage internal dengan pilihan 64 GB atau 128 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 256 GB.

Sementara Xiaomi Redmi Note 5 Pro telah dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 636 Octa-core berkecepatan 1,8 GHz, RAM dengan pilihan 4 GB atau 6 GB, dan storage internal 64 GB. Meskipun performa OPPO F7 lebih cepat, namun Redmi Note 5 Pro lebih hemat dalam hal konsumsi daya baterai.

Kamera

OPPO F7 telah dibekali dengan kamera belakang beresolusi 16 MP dengan aperture f/1.8 yang dapat menghasilkan foto dengan bagus. Sementara kamera depannya beresolusi 25 MP dengan aperture f/2.0, A.I Beauty Recognition, dan sensor Sony IMX576 yang dapat menghasilkan foto dengan bagus.

Xiaomi Redmi Note 5 Pro telah dilengkapi dengan dua kamera belakang beresolusi 12 MP + 5 MP yang dapat menghasilkan foto bokeh (background blur) dengan cepat, bagus, dan rapi. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 20 MP dengan aperture f/2.2 yang dapat menghasilkan foto selfie dengan bagus.

Kedua smartphone ini sama-sama menggunakan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence untuk meningkatkan kemampuan pengambilan fotonya sehingga berkualitas bagus. Namun OPPO F7 juara dalam kamera depan dan Xiaomi Redmi Note 5 Pro juara dalam kamera belakang.

Baterai

OPPO F7 menggunakan baterai dengan kapasitasi 3.400 mAh dan Xiaomi Redmi Note 5 Pro mempunyai baterai dengan kapasitas 4.000 mAh. Berkat kombinasi kapasitas baterai dan chipset yang hemat energi membuat Xiaomi Redmi Note 5 Pro memiliki daya tahan yang lebih unggul.

Fitur Lainnya

OPPO F7 danXiaomi Redmi Note 5 Pro sama-sama dibekali dengan port microUSB 2.0, USB On-The-Go, dua kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE, WiFi, Buetooth, Face Unlock, dan sensor fingerprint di bagian belakang. Xiaomi Redmi Note 5 Pro telah dilengkapi dengan MIUI 9 berbasiskan Android 7.1.2 Nougat dan OPPO F7 telah dibekali dengan ColorOS 5.0 berbasiskan Android Oreo.

Harga

OPPO F7 dibanderol dengan harga yang mencapai Rp 4,2 juta untuk varian RAM 4 GB + ROM 64 GB dan Rp 5,5 juta untuk varian RAM 6 B + ROM 128 GB. Sementara Xiaomi Redmi Note 5 Pro dijual dengan harga yang mencapai Rp 2,97 juta untuk varian RAM 4 GB + ROM 64 GB dan Rp 3,6 juta untuk varian RAM 6 GB + ROM 64 GB.

Kesimpulan

Dari sektor kamera depan, performa, spesifikasi hardware, fitur, dan varian maka OPPO F7 menjadi juaranya. Namun dari sektor daya tahan baterai, harga, dan kamera belakang maka Xiaomi Redmi Note 5 Pro bisa menjadi unggul.

Tinggalkan Komentar